Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126Keywords:
Anak, Pola asuh, Orang Tua, Parenting EducationAbstract
Tulisan ini memberikan gambaran upaya mengatasi perkembangan anak pada era sekarang dimana sikap positif orang tua kepada anak berkurang. Pola asuh memiliki peranan penting bagi pembentukan perilaku anak karena dasar perilaku pertama. Masyarakat Desa Pulerejo mayoritas masih menggunakan gaya asuh yang sederhana, sehingga masih banyak ditemukan anak anak di Desa Pulerejo menggunakan tata bahasa yang kurang baik ketika berkomunikasi dengan orang tua. Melalui pendekatan Participation Action Research (PAR), Program ini dititikberatkan kepada membangun kesadaran masyarakat mengenai pola asuh untuk mendidik anak dengan melakukan sosialisasi parenting education. Hasil dari kegiatan sosialisasi parenting education dilakukan di SDN 2 Pulerejo. Peserta dari kegiatan tersebut adalah orang tua siswa kelas 4 hingga 6. Dalam kegiatan tersebut, orang tua antusiasme mendengarkan dan berdialog dengan pemateri diskusi. Selain itu siswa juga antusias mendengarkan pemateri. Hasilnya orang tua mulai memahami cara memberikan pola asuh yang benar dan berusaha diterapkan pada anak di kehidupannya masing-masing.
Downloads
References
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534
Andani, F. D., Rasyad, A., & Ihsan, M. I. (2017). Manajemen Program Parenting Education Pada RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um041v10i2p139-150
Anisah, A. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.52434/jp.v5i1.43
Aziz, G. V. A., Ningsih, L., Pangestu, D. A., & Nuha, N. U. (2022). Participatory Action Research: Pembentukan Karakter Anak Jalanan Melalui Penguatan Religius. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.46773/djce.v1i1.292
Bahri, S. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), Article 1.
Carter, N., & Kahn, L. (1996). See How We Grow: A Report on the Status of Parenting Education in the U.S.
Daulay, N. (2014). Pola Asuh Orangtua Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/di.v2i2.417
Devita, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.967
Dini, J. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975.
Grindal, T., Bowne, J. B., Yoshikawa, H., Schindler, H. S., Duncan, G. J., Magnuson, K., & Shonkoff, J. P. (2016). The added impact of parenting education in early childhood education programs: A meta-analysis. Children and Youth Services Review, 70, 238–249. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2016.09.018
Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852.
Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Normal. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97–116. https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.6915
Komsi, D. N., Hambali, I. M., & Ramli, M. (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.21
Rachmaniar, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 148–158.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Santosa, A. B., Nugroho, W., & Nurmalasari, W. (2022). Peningkatan Pemahaman Pola Asuh Orang Tua Melalui Program Parenting Education. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10271
Sari, G. A. (2020). Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Daring Akibat Covid-19 Terhadap Siswa. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 462. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.848
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh. Zaenal Fanani, Uswatun Hasanah, Yuan Virga Septa Arieska, Dyah Nafidatus Shoimah, Rina Yuniarti, Ravika Octania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.