Psikoedukasi "Kesiapan Anak Masuk Sekolah"

Authors

  • Mirna Wahyu Agustina Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.145

Keywords:

Anak, Kesiapan Masuk Sekolah, Psikoedukasi

Abstract

Masa tumbuh kembang anak adalah masa yang sangat beresiko bagi setiap kehidupan anak, maka sangat penting untuk memperhatikan semua aspek yang mendukung dan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Kegiatan psikoedukasi merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan untuk memberikan pemahaman orang tua agar memahami cara mendidik dan mempersiapkan sebelum masuk sekolah. Metode pengabdian yang digunakan menggunakan metode Parcipatory Action Research atau PAR yang bertujuan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat serta produksi ilmu pengetahuan. Kegiatan psikoedukasi terdiri dari pembukaan, pemaparan materi oleh narasumber dan diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme masyarakat yang ingin mengetahui pola asuh anak untuk persiapan bersekolah. Orang tua menjadi tahu cara menyiapkan anaknya sebelum bersekolah dari beberapa aspek meliputi aspek mental, emosional, kognitif, social dan seterusnya. Seusai kegiatan itu, orang tua mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam mempersiapkan anak pasca masuk sekolah.

References

Damayanti, A. K., & Rachmawati, R. (2019). Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Inteligensi Dan Jenis Kelamin. PSIKOVIDYA, 23(1), 108–137. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i1.130

Deo, R. (2018). Hubungan Riwayat Berat Badan Lahir Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Usia Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak.

Fanani, M. Z., Hasanah, U., Arieska, Y. V. S., Shoimah, D. N., Yuniarti, R., & Octania, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. JURNAL REFORMA, 2(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33

Lestari, P. (2015). Pola Asuh Anak Dalam Keluarga (Studi kasus pada pengamen anak-anak di kampung Jlagran, Yogyakarta). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 2(1). https://doi.org/10.21831/dimensia.v2i1.3398

Mariyati, L. I. (2017). Usia dan jenis kelamin dengan kesiapan masuk sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMG, Halaman, 331–334.

Munif, A., Syahamah, W., Damayanti, B. A., & Fadhilah, R. Y. (2023). Sosialisasi pada remaja yang Terdampak Sosial Media terhadap Pergaulan Bebas (Studi di MTs Al-Ihsan Desa Banjaragung, Bareng, Jombang). NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.124

Nurhayati, W. (2018). Pengembangan Instrumen Kesiapan Bersekolah dan Pemetaan Kesiapan Bersekolah pada Anak Usia Dini di Indonesia. Indonesian Journal of Educational Assessment-Vol, 1(1).

Perna, R., & Loughan, A. R. (2013). Early developmental delays: A cross validation study. Journal of Psychological Abnormalities in Children, 1(2), 105.

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Article 1.

Rakhmawati, I. (n.d.). Open Journal Systems. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Srinahyanti, S. (2017). Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Ditinjau Dari Lembaga Pendidikan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(4), 474–488. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8178

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Tanuwijaya, S. (2003). Konsep umum tumbuh dan kembang. Jakarta: EGC.

Veryawan, V., Tursina, A., & Hasibuan, R. H. (2021). Pemahaman orang tua terhadap kesiapan anak dalam memasuki sekolah. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.32505/connection.v1i2.3258

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Agustina, M. W. (2023). Psikoedukasi "Kesiapan Anak Masuk Sekolah". NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.145

Issue

Section

Articles