Optimalisasi Pembelajaran Daring Sekolah Dasar melalui Pendampingan Belajar Pada Masa Pandemi di Desa Badal, Ngadiluwih, Kediri

Authors

  • Siska Yulia Weny Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Umi Afidatul Mukhofifah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.159

Keywords:

Belajar Online, Desa Badal, Pendampingan Belajar

Abstract

Berbagai upaya diimplementasikan guna mengatasi problematika pembelajaran daring, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar. Hal ini karena peserta didik terbiasa belajar dengan bimbingan guru, selain itu juga minimnya peran orang tua yang masih belum terbiasa mendampingi peserta didik belajar. Tujuan pendampingan belajar ini sebagai alternatif guna mengoptimalkan potensi, motivasi serta prestasi akademik belajar peserta didik dalam pembelajaran daring serta untuk menjaga kesinambungan kualitas pendidikan meskipun di tengah pandemi. Kegiatan pendampingan belajar ini melibatkan peserta didik jenjang SD berjumlah 20 siswa. Metode pelaksanaan kegiatan yakni deskriptif kualitatif dengan pendekatan PAR (Parsipatory Active Research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan pendampingan belajar ini berupa kepuasan orang tua atau wali siswa terhadap meningkatnya prestasi hasil belajar anak-anaknya selama pembelajaran daring setelah mengikuti kegiatan pendampingan belajar. Perkembangan prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti pendampingan belajar menunjukkan perkembangan yang positif ke arah yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Hakim, L. (2020). PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/jipi.v18i2.3583

Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin of Community Engagement, 1(2), 61. https://doi.org/10.51278/bce.v1i2.232

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lisnawati, E., Niardiansyah, N., Yuliana, L., & Hasan, F. M. (2020). PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.37373/bemas.v1i1.42

Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2021). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23–48. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Muhid, A., Afandi, A., & Sucipto, M. H. (2021). Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing). http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/23578

Munif, A. & Ropingi. (2022). Pendampingan Pengembangan Manajemen dan Pengelolaan Madrasah Tsanawiyah “Nurul ’Ula” Jamsaren Kota Kediri. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(2), 220–234. https://doi.org/10.30762/realita.v20i2.125

Mustajib. (2022). Manajemen Mutu Pembelajaran di Masa Pandemi: Studi SD Plus Al Hikmah Purwoasri Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 2(1), 71–86. https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3153

Ndasung, D. J. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), Article 2.

Prabowo, I. K. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 1 SDN Kalikuning 3 Kecamatan Tulakan [Other, STKIP PGRI PACITAN]. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/630/

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rizal, S. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Keterampilan Tangan Pengentasan Buta Aksara Upaya Memaksimalkan Potensi Masyarakat Desa | AL-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 1(2). https://doi.org/10.37216/almadani.v1i2.843

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02). https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7

Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Walidaeni, A. N., & Akbar, R. T. M. (2021). Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Maripari Rt 01 Rw 01 Desa Maripari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), Article 68.

Wardani, W. (2020). BANTUAN BIMBINGAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI DESA KOTA RAMAN KECAMATAN RAMAN UTARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–55. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.30

Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 10–19.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Weny, S. Y., & Mukhofifah, U. A. . (2023). Optimalisasi Pembelajaran Daring Sekolah Dasar melalui Pendampingan Belajar Pada Masa Pandemi di Desa Badal, Ngadiluwih, Kediri. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.159

Issue

Section

Articles