Optimalisasi Pembelajaran Daring Sekolah Dasar melalui Pendampingan Belajar Pada Masa Pandemi di Desa Badal, Ngadiluwih, Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.159Keywords:
Belajar Online, Desa Badal, Pendampingan BelajarAbstract
Berbagai upaya diimplementasikan guna mengatasi problematika pembelajaran daring, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar. Hal ini karena peserta didik terbiasa belajar dengan bimbingan guru, selain itu juga minimnya peran orang tua yang masih belum terbiasa mendampingi peserta didik belajar. Tujuan pendampingan belajar ini sebagai alternatif guna mengoptimalkan potensi, motivasi serta prestasi akademik belajar peserta didik dalam pembelajaran daring serta untuk menjaga kesinambungan kualitas pendidikan meskipun di tengah pandemi. Kegiatan pendampingan belajar ini melibatkan peserta didik jenjang SD berjumlah 20 siswa. Metode pelaksanaan kegiatan yakni deskriptif kualitatif dengan pendekatan PAR (Parsipatory Active Research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan pendampingan belajar ini berupa kepuasan orang tua atau wali siswa terhadap meningkatnya prestasi hasil belajar anak-anaknya selama pembelajaran daring setelah mengikuti kegiatan pendampingan belajar. Perkembangan prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti pendampingan belajar menunjukkan perkembangan yang positif ke arah yang lebih baik.
Downloads
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Hakim, L. (2020). PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/jipi.v18i2.3583
Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin of Community Engagement, 1(2), 61. https://doi.org/10.51278/bce.v1i2.232
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lisnawati, E., Niardiansyah, N., Yuliana, L., & Hasan, F. M. (2020). PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.37373/bemas.v1i1.42
Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2021). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23–48. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256
Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015
Muhid, A., Afandi, A., & Sucipto, M. H. (2021). Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing). http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/23578
Munif, A. & Ropingi. (2022). Pendampingan Pengembangan Manajemen dan Pengelolaan Madrasah Tsanawiyah “Nurul ’Ula” Jamsaren Kota Kediri. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(2), 220–234. https://doi.org/10.30762/realita.v20i2.125
Mustajib. (2022). Manajemen Mutu Pembelajaran di Masa Pandemi: Studi SD Plus Al Hikmah Purwoasri Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 2(1), 71–86. https://doi.org/10.30762/joiem.v2i1.3153
Ndasung, D. J. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), Article 2.
Prabowo, I. K. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 1 SDN Kalikuning 3 Kecamatan Tulakan [Other, STKIP PGRI PACITAN]. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/630/
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487
Rizal, S. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Keterampilan Tangan Pengentasan Buta Aksara Upaya Memaksimalkan Potensi Masyarakat Desa | AL-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 1(2). https://doi.org/10.37216/almadani.v1i2.843
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02). https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7
Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Walidaeni, A. N., & Akbar, R. T. M. (2021). Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Maripari Rt 01 Rw 01 Desa Maripari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(68), Article 68.
Wardani, W. (2020). BANTUAN BIMBINGAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI DESA KOTA RAMAN KECAMATAN RAMAN UTARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–55. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.30
Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Gebangan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 10–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siska Yulia Weny, Umi Afidatul Mukhofifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.