Pengembangan Dakwah Moderasi Beragama Melalui Media Podcast dan Media Sosial Berbasis Digital
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.217Keywords:
Media Sosial, Dakwah, Moderasi Beragama, PodcastAbstract
Perkembangan zaman yang ada membuat proses berdakwah dengan cara yang berbeda yang mana dulu hanya proses ceramah secara tatap muka namun sekarang dilakukan tanpa tatap muka dengan memanfaatkan dunia digital seperti Instagram, WhatsApp, Spotify, soundcloud dan lain-lain. Dengan perkembangan media dakwah yang berkembang pesat maka salah satu desa yang ada di kecamatan tarokan Yaitu Desa Kedungsari, ingin mengembangkan media dakwahnya melalui platfom sosial media. Oleh sebab itu Mahasiswa KKN kelompok 20 IAIN Kediri membuat sebuah program pengembangan dakwah melalui podcast dengan tema moderasi beragama. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangkan dakwah yang ada di desa kedungsari melalui media sosial menggunakan podcast dengan tema moderasi beragama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan partisipatif. Pendekatan yang digunakan dalam program tersebut dalah penekatan partisipatif yakni mengajak seluruh komponen masayarakat untuk berperan aktif dalam menjalankannya. Hasil dari program ini adalah bahwa pengembangan media sosial yang dilakukan melalui media sosial berjalan dengan baik dan program ini mendapatkan dukungan dari masayarakat,
Downloads
References
Abror, M. (2020). Moderasi beragama dalam bingkai toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.
Ahmad,, & Nurhidaya, N. (2020). Media sosial dan tantangan masa depan generasi milenial. Avant Garde, 8(2), 134–148.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Estuningtyas, R. D. (2021). Strategi Komunikasi dan Dakwah Pada Kalangan Milenial di Era Modernisasi. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(1), 75–86.
Fabriar, S. R., Fitri, A. N., & Fathoni, A. (2022). Podcast: Alternatif Media Dakwah Era Digital. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i1.3212
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. 25(2).
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/7hyru
Herawati, E. (2011). Komunikasi Dalam Era Teknologi Komunikasi Informasi. Humaniora, 2(1), 100–109.
Lukmana, L. (2019). Strategi Pengelolaan Media Sosial dalam Pengembangan Dakwah di Majelis Taklim Dzikir dan Sholawat As-Shofa Banjarmasin.
Nurafifah, S. (2017). Teknik Komunikasi dalam pembinaan tahfidz Al-Qur’an Terhadap Anak Asuh Yayasan Yatim Piatu Dan Fakir Miskin Amanah Pondok Labu Jakarta Selatan.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348.
Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik I Dunia Virtual). Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(2), 210–234.
Vebrynda, R. (2021). Optimalisasi Podcast oleh Remaja Masjid untuk Berdakwah. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. M
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Said Ulin Nuhaa, Nur Hamidah, Aini Duritul Nasikhah, Madinah Almunawaroh, Akhmad Jazuli Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.