Mendongkrak Kreatifitas dan Daya Jual Produk UMKM Desa Sonorejo dengan Pelatihan Desain Poster Promosi melalui Aplikasi Canva

Authors

  • Rafly Hatma Rudiansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Azka Abdurrahman Nasrullah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Isma Hana Antika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.229

Keywords:

Canva, Daya Jual, Kreatifitas, Pelatihan, UMKM

Abstract

Promosi adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan calon pembeli agar produk dapat didistribusikan dengan baik dan membuatnya orang tertarik. Salah satu cara membuat promosi menarik menggunakan aplikasi canva. Penggerak UMKM dan Karang Taruna Desa Sonorejo melihat keadaan masyarakatnya Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kesulitan melakukan promosi. Untuk promosi, UMKM ini masih melakukan pemasaran secara manual (offline) dan hanya warga desa sekitar yang mengetahui dan membeli barang-barang UMKM tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan terhadap warga desa sonorejo agar mampu membuat poster mandiri menggunakan aplikasi canva dan mempromosikan produknya secara online. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Objek pengabdian yaitu memberdayakan sejumlah 30 UMKM dari Desa Sonorejo. Hasilnya pelaku UMKM Desa Sonorejo dapat menjalankan aplikasi canva sekaligus menggunakan untuk membuat poster promosi produk mereka. Berikutnya pelaku UMKM menjadi lebih tahu cara mengembangkan usahanya setelah mengikuti pelatihan tersebut terutama melakukan promosi secara online. Setelah mengikuti pelatihan ini, pengetahuan dan keahlian menjalankan aplikasi canva bermanfaat bagi pelaku UMKM pemula untuk mengembangkan bisnisnya pada era modern yang penuh persaingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, M. S. (2020). Membuat Desain Cantik dengan Mudah & Cepat Menggunakan Canva. Marsudi Suwarna Adi.

Annisa Cindy Maurina & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Terhadap Perdagangan Internasional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i2.146

Arif, M., & Hardiyanti, H. (2021). Pengaruh Pembiayaan Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 3(2), Article 2. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/article/view/10525

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Astawa, I. P. M., Pugra, I. W., & Suardani, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia dengan Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) di Dusun Kawan Desa Bakas Kabupaten Klungkung. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31940/bp.v8i2.108-116

Candra, A. S. I. C. & Hasan Ismail. (2023). Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Tas Kulit Di Tanggulangin Berbasis Digital Marketing. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 20(1), 126–139. https://doi.org/10.59050/jian.v20i1.198

Canton, H. (2021). Asian Development Bank—ADB. In The Europa Directory of International Organizations 2021 (23rd ed.). Routledge.

Coccia, M. (2021). The relation between length of lockdown, numbers of infected people and deaths of Covid-19, and economic growth of countries: Lessons learned to cope with future pandemics similar to Covid-19 and to constrain the deterioration of economic system. Science of The Total Environment, 775, 145801. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2021.145801

Dambiski Gomes De Carvalho, G., Resende, L. M. M. D., Pontes, J., Gomes De Carvalho, H., & Mendes Betim, L. (2021). Innovation and Management in MSMEs: A Literature Review of Highly Cited Papers. SAGE Open, 11(4), 215824402110525. https://doi.org/10.1177/21582440211052555

Dhar, U. (2021). Asian Development Bank (ADB), Asian Development Outlook 2020: What Drives Innovation in Asia? Journal of Asian Economic Integration, 3(1), 98–100. https://doi.org/10.1177/2631684620982127

García, I. (2020). Asset-Based Community Development (ABCD): Core principles. In R. Phillips, E. Trevan, & P. Kraeger (Eds.), Research Handbook on Community Development. Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781788118477.00010

Gong, Y., Liu, X., Zheng, Y., Mei, H., Que, J., Yuan, K., Yan, W., Shi, L., Meng, S., Bao, Y., & Lu, L. (n.d.). Frontiers | COVID-19 Induced Economic Slowdown and Mental Health Issues. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.777350

Herman, B., & Nohong, M. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 1–19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575

Hu, S., & Li, R. (2021). Investigating the Effects of the United States’ Economic Slowdown Related to the COVID-19 Pandemic on Energy Consumption in Other Countries—A Global Vector Autoregressive Model. Energies, 14(11), 2984. https://doi.org/10.3390/en14112984

Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). PERAN E - BISNIS DALAM PENGEMBANGAN UMKM. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 239–247. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.73

Larios-Francia, R. P., & Ferasso, M. (2023). The relationship between innovation and performance in MSMEs: The case of the wearing apparel sector in emerging countries. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 100018. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100018

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Rahayu, P. R., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha terhadap Perkembangan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 448–456. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23415

Rahmawati, Setiawan, E. A., & Fadhilah, M. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.286

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.52103/jtk.v11i1.144

Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & Oktarina, L. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen) | Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/988

Rosyana, N., & Soelistyo, A. (2020). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Manufaktur Besar Dan Sedang Pada Tingkat Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur (2017-2019). Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 4(4), 723–731. https://doi.org/10.22219/jie.v4i4.13636

Rukmana, A. Y., Zebua, R. S. Y., Sepriano, Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., Hartatik, & Setiawan, Z. (2023). DUNIA MULTIMEDIA: Pengenalan dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Saehan, A., Kusmanto, K., Suryadi, S., & Pohan, T. H. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.58369/jpmg.v3i2.129

Salam, R., & Kho, A. (2023). Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33050/mentari.v1i2.272

Satiti, W. S., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Munfarida, N. F., Fatmawati, M., & Hanafi, A. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v3i3.3260

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Simarmata, F. T. A., Kasih, D. H., Yasmin, A., Yuswar, B. W., & Putri, R. A. (2021). Workshop Desain Grafis Guna Meningkatkan Kemampuan Dan Kreativitas Remaja Masjid Nurul Huda Menggunakan Photoshop. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(2), 37–45. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i2.9

Solihah, S., & Zakiah, N. E. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Mengembangkan Kreativitas Dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8099

Syahri, U. L. M. A., Huda, M. S., & Na’mah, U. (2024). Pendampingan Sertifikasi Halal dan Nomor Izin Berusaha pada Produk untuk Meningkatkan Pengembangan UMKM Keripik Gadung di Dusun Kacangan-Ngaglik Desa Kandangan. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.202

Syamsari, S., Maarif, M. S., Anggraeni, E., & Amanah, S. (2022). Characteristics of Fishery Industry MSMEs in Takalar Regency that are Resistant to Interferences in Uncertainty Era. Journal of Social Science, 3(4), 851–863. https://doi.org/10.46799/jss.v3i4.374

Wahyuningsih, N., & Djuwita, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mendukung Pengembangan Desa Padabeunghar Menjadi Desa Penyangga Wisata. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i1.10819

Wang, Q., & Han, X. (2021). Spillover effects of the United States economic slowdown induced by COVID-19 pandemic on energy, economy, and environment in other countries. Environmental Research, 196, 110936. https://doi.org/10.1016/j.envres.2021.110936

Wardhanie, ayouvi P., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813

Windusancono, B. A. (2023). UPAYA PERCEPATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.56444/mia.v18i1.557

Yatminiwati, M., Setyobakti, Moh. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2022). Social Entrepreneurship In MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 2(3), 239–243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Rudiansyah, R. H., Nasrullah, A. A., & Antika, I. H. (2024). Mendongkrak Kreatifitas dan Daya Jual Produk UMKM Desa Sonorejo dengan Pelatihan Desain Poster Promosi melalui Aplikasi Canva. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 85–98. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.229

Issue

Section

Articles