Mendongkrak Kreatifitas dan Daya Jual Produk UMKM Desa Sonorejo dengan Pelatihan Desain Poster Promosi melalui Aplikasi Canva
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.229Keywords:
Canva, Daya Jual, Kreatifitas, Pelatihan, UMKMAbstract
Promosi adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan calon pembeli agar produk dapat didistribusikan dengan baik dan membuatnya orang tertarik. Salah satu cara membuat promosi menarik menggunakan aplikasi canva. Penggerak UMKM dan Karang Taruna Desa Sonorejo melihat keadaan masyarakatnya Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kesulitan melakukan promosi. Untuk promosi, UMKM ini masih melakukan pemasaran secara manual (offline) dan hanya warga desa sekitar yang mengetahui dan membeli barang-barang UMKM tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan terhadap warga desa sonorejo agar mampu membuat poster mandiri menggunakan aplikasi canva dan mempromosikan produknya secara online. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Objek pengabdian yaitu memberdayakan sejumlah 30 UMKM dari Desa Sonorejo. Hasilnya pelaku UMKM Desa Sonorejo dapat menjalankan aplikasi canva sekaligus menggunakan untuk membuat poster promosi produk mereka. Berikutnya pelaku UMKM menjadi lebih tahu cara mengembangkan usahanya setelah mengikuti pelatihan tersebut terutama melakukan promosi secara online. Setelah mengikuti pelatihan ini, pengetahuan dan keahlian menjalankan aplikasi canva bermanfaat bagi pelaku UMKM pemula untuk mengembangkan bisnisnya pada era modern yang penuh persaingan.
Downloads
References
Adi, M. S. (2020). Membuat Desain Cantik dengan Mudah & Cepat Menggunakan Canva. Marsudi Suwarna Adi.
Annisa Cindy Maurina & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Terhadap Perdagangan Internasional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i2.146
Arif, M., & Hardiyanti, H. (2021). Pengaruh Pembiayaan Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 3(2), Article 2. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/article/view/10525
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610
Astawa, I. P. M., Pugra, I. W., & Suardani, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia dengan Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) di Dusun Kawan Desa Bakas Kabupaten Klungkung. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31940/bp.v8i2.108-116
Candra, A. S. I. C. & Hasan Ismail. (2023). Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Tas Kulit Di Tanggulangin Berbasis Digital Marketing. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 20(1), 126–139. https://doi.org/10.59050/jian.v20i1.198
Canton, H. (2021). Asian Development Bank—ADB. In The Europa Directory of International Organizations 2021 (23rd ed.). Routledge.
Coccia, M. (2021). The relation between length of lockdown, numbers of infected people and deaths of Covid-19, and economic growth of countries: Lessons learned to cope with future pandemics similar to Covid-19 and to constrain the deterioration of economic system. Science of The Total Environment, 775, 145801. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2021.145801
Dambiski Gomes De Carvalho, G., Resende, L. M. M. D., Pontes, J., Gomes De Carvalho, H., & Mendes Betim, L. (2021). Innovation and Management in MSMEs: A Literature Review of Highly Cited Papers. SAGE Open, 11(4), 215824402110525. https://doi.org/10.1177/21582440211052555
Dhar, U. (2021). Asian Development Bank (ADB), Asian Development Outlook 2020: What Drives Innovation in Asia? Journal of Asian Economic Integration, 3(1), 98–100. https://doi.org/10.1177/2631684620982127
García, I. (2020). Asset-Based Community Development (ABCD): Core principles. In R. Phillips, E. Trevan, & P. Kraeger (Eds.), Research Handbook on Community Development. Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781788118477.00010
Gong, Y., Liu, X., Zheng, Y., Mei, H., Que, J., Yuan, K., Yan, W., Shi, L., Meng, S., Bao, Y., & Lu, L. (n.d.). Frontiers | COVID-19 Induced Economic Slowdown and Mental Health Issues. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.777350
Herman, B., & Nohong, M. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 1–19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575
Hu, S., & Li, R. (2021). Investigating the Effects of the United States’ Economic Slowdown Related to the COVID-19 Pandemic on Energy Consumption in Other Countries—A Global Vector Autoregressive Model. Energies, 14(11), 2984. https://doi.org/10.3390/en14112984
Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). PERAN E - BISNIS DALAM PENGEMBANGAN UMKM. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 239–247. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.73
Larios-Francia, R. P., & Ferasso, M. (2023). The relationship between innovation and performance in MSMEs: The case of the wearing apparel sector in emerging countries. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 100018. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100018
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301
Rahayu, P. R., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha terhadap Perkembangan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 448–456. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23415
Rahmawati, Setiawan, E. A., & Fadhilah, M. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.286
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.52103/jtk.v11i1.144
Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & Oktarina, L. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen) | Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/988
Rosyana, N., & Soelistyo, A. (2020). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Manufaktur Besar Dan Sedang Pada Tingkat Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur (2017-2019). Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 4(4), 723–731. https://doi.org/10.22219/jie.v4i4.13636
Rukmana, A. Y., Zebua, R. S. Y., Sepriano, Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., Hartatik, & Setiawan, Z. (2023). DUNIA MULTIMEDIA: Pengenalan dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Saehan, A., Kusmanto, K., Suryadi, S., & Pohan, T. H. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.58369/jpmg.v3i2.129
Salam, R., & Kho, A. (2023). Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33050/mentari.v1i2.272
Satiti, W. S., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Munfarida, N. F., Fatmawati, M., & Hanafi, A. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v3i3.3260
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Simarmata, F. T. A., Kasih, D. H., Yasmin, A., Yuswar, B. W., & Putri, R. A. (2021). Workshop Desain Grafis Guna Meningkatkan Kemampuan Dan Kreativitas Remaja Masjid Nurul Huda Menggunakan Photoshop. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 1(2), 37–45. https://doi.org/10.55537/jibm.v1i2.9
Solihah, S., & Zakiah, N. E. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Mengembangkan Kreativitas Dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8099
Syahri, U. L. M. A., Huda, M. S., & Na’mah, U. (2024). Pendampingan Sertifikasi Halal dan Nomor Izin Berusaha pada Produk untuk Meningkatkan Pengembangan UMKM Keripik Gadung di Dusun Kacangan-Ngaglik Desa Kandangan. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.202
Syamsari, S., Maarif, M. S., Anggraeni, E., & Amanah, S. (2022). Characteristics of Fishery Industry MSMEs in Takalar Regency that are Resistant to Interferences in Uncertainty Era. Journal of Social Science, 3(4), 851–863. https://doi.org/10.46799/jss.v3i4.374
Wahyuningsih, N., & Djuwita, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mendukung Pengembangan Desa Padabeunghar Menjadi Desa Penyangga Wisata. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i1.10819
Wang, Q., & Han, X. (2021). Spillover effects of the United States economic slowdown induced by COVID-19 pandemic on energy, economy, and environment in other countries. Environmental Research, 196, 110936. https://doi.org/10.1016/j.envres.2021.110936
Wardhanie, ayouvi P., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170
Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813
Windusancono, B. A. (2023). UPAYA PERCEPATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.56444/mia.v18i1.557
Yatminiwati, M., Setyobakti, Moh. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2022). Social Entrepreneurship In MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 2(3), 239–243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rafly Hatma Rudiansyah, Azka Abdurrahman Nasrullah, Isma Hana Antika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.