Mencegah Degradasi Moral Anak Melalui Pelatihan Pola Asuh Orang Tua yang Arif dan Efektif
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.233Keywords:
Anak, Degradasi Moral, Pelatihan, Pola Asuh, Orang TuaAbstract
Persoalan degradasi moral diakibatkan oleh salah satunya tidak sesuainya pola asuh orang tua terhadap anaknya. Hal itu persoalan itu harus diperhatikan cara serius karena akan menimbulkan dampak negatife di kemudian hari. Oleh sebab itu perlu diadakan kegiatan seminar/workshop/pelatihan kepada orang tua tentang pola asuh yang arif dan efektif (parenting) Tujuannya agar orang tua mengerti dan melaksanakan cara mengasuh dan membimbing anak secara benar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ialah Partisipatory Action Research (PAR). Objek pengabdian dilakukan pada orang tua di Desa Blaru, Badas, Kab. Kediri berjumlah 17 orang. Hasilnya ialah orangtua yang telah mengikuti pelatihan pola asuh anak menunjukkan kemampuan penerapan pola asuh yang lebih baik. Nilai rata-rata pola asuh sebelum mengikuti pelatihan adalah 2,96 untuk model pola asuh otoriter, 2,56 untuk model pola asuh permisif dan 3,33 untuk model pola asuh demokratis sedangkan nilai rata-rata penerapan pola asuh setelah mengikuti pelatihan adalah 2,79 untuk model pola asuh otoriter, 2,47 untuk model pola asuh permisif dan 3,34 untuk model pola asuh demokratis. Setelah dilakukan pelatihan parenting muncul keinginan orangtua untuk mendampingi anak dalam aktivitas di lingkungan sekitar dan dunia maya, meningkatnya keinginan orangtua untuk mendorong anak melakukan aktivitas positif dan meningkatnya motivasi untuk menjadi teladan positif bagi anak.
Downloads
References
Ahmad Fitriyadi Sari. (2023). The Role of Parents in Building Spiritual, Moral, and Intellectual Mentality in Children. Journal of Childhood Development, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.25217/jcd.v3i1.3631
Anwar, F. (2022). Generasi Alpha: Tantangan dan Kesiapan Guru Bimbingan Konseling dalam Menghadapinya. http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i2.16093
Arliman S, L., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i2.1056
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54
Balantekin, K. N., Anzman‐Frasca, S., Francis, L. A., Ventura, A. K., Fisher, J. O., & Johnson, S. L. (2020). Positive parenting approaches and their association with child eating and weight: A narrative review from infancy to adolescence. Pediatric Obesity, 15(10), e12722. https://doi.org/10.1111/ijpo.12722
Burke, S., Sharp, L.-A., Woods, D., & Paradis, K. F. (2024). Enhancing parental support through parent-education programs in youth sport: A systematic review. International Review of Sport and Exercise Psychology, 17(1), 208–235. https://doi.org/10.1080/1750984X.2021.1992793
Deng, L., & Tong, T. (2020). Parenting style and the development of noncognitive ability in children. China Economic Review, 62, 101477. https://doi.org/10.1016/j.chieco.2020.101477
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Faircloth, C. (2023). Intensive Parenting and the Expansion of Parenting. https://doi.org/10.1007/978-3-031-44156-1_2
Fanani, M. Z., Hasanah, U., Arieska, Y. V. S., Shoimah, D. N., Yuniarti, R., & Octania, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Halimah, L., Arifin, R. R. M., Yuliariatiningsih, M. S., Abdillah, F., & Sutini, A. (2020). Storytelling through “Wayang Golek” puppet show: Practical ways in incorporating character education in early childhood. Cogent Education, 7(1), 1794495. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1794495
Hertinjung, W. S., Septianingrum, A. R. D., & Putri, Y. P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Mengakses Gadget. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/11291
Huda, S., Ridwanulloh, M. U., Khasanah, S. M., Prasetiyo, A. E., & Donasari, R. (2022). Improving Language Skills and Instilling Character Values in Children Through Storytelling. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i2.13880
Ikonen, H.-M., & Nikunen, M. (2019). Young adults and the tuning of the entrepreneurial mindset in neoliberal capitalism. Journal of Youth Studies, 22(6), 824–838. https://doi.org/10.1080/13676261.2018.1546383
Imam Azhar. (2019). Diktat KKN PAR 2019. LPP2M Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah. https://iaia-tabah.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/MATERI-PAR-KKN.pdf
Kalil, A., & Ryan, R. (2020). Parenting Practices and Socioeconomic Gaps in Childhood Outcomes. The Future of Children, 30(1), 29–54.
Khalida Rahmah Risnita. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Bambel. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16057/1/Khalida%20Rahmah%20Risnita%2C%20150213088%2C%20FTK%2C%20BK%2C%20082164246191.pdf
Lee, E. (2023). Experts and Parenting Culture. https://doi.org/10.1007/978-3-031-44156-1_3
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90.
Levy, R. (n.d.). Social Media, News Consumption, and Polarization: Evidence from a Field Experiment - American Economic Association. Retrieved August 3, 2024, from https://www.aeaweb.org/articles?id=10.1257/aer.20191777
Lupinacci, L. (2021). ‘Absentmindedly scrolling through nothing’: Liveness and compulsory continuous connectedness in social media. Media, Culture & Society, 43(2), 273–290. https://doi.org/10.1177/0163443720939454
Mufarochah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 80–89. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.182
Munif, A., Syahamah, W., Damayanti, B. A., & Fadhilah, R. Y. (2023). Sosialisasi pada remaja yang Terdampak Sosial Media terhadap Pergaulan Bebas (Studi di MTs Al-Ihsan Desa Banjaragung, Bareng, Jombang). NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.124
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884
Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1, Article. http://conference.iaialhikmah.ac.id
Rao, B. N. (2022). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. Journal of Science and Technology, 7(10), 46–54. https://doi.org/10.46243/jst.2022.v7.i10.pp46-54
Ridwanulloh, M. U., Ramadhan, A., Rucha, A. P. A., Rahma, D. N. S. N. P., Pamungkas, G. B., & Aziz, P. N. I. (2024). Pendampingan Pemahaman Fiqih Wanita Terhadap Peserta Didik Di TPQ Al – Falah Dan TPQ Roudlotul Musthofa Desa Tunglur, Kec. Badas, Kab. Kediri. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 147–159. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.237
Ringberg, T., Reihlen, M., & Rydén, P. (2019). The technology-mindset interactions: Leading to incremental, radical or revolutionary innovations. Industrial Marketing Management, 79, 102–113. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2018.06.009
Riyanto Adji. (2021). Manfaat Metode Participatory Action Research (PAR) dalam Pembangunan Wilayah RT di Masa Pandemi. President University. https://www.researchgate.net/publication/366509741_MANFAAT_METODE_PARTICIPATORY_ACTION_RESEARCH_PAR_DALAM_PEMBANGUNAN_WILAYAH_RT_DI_MASA_PANDEMI
Siregar, M. D., Yunitasari, D., Partha, I. D. P., & Hamzanwadi, U. (2021). Model Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. 5(02).
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/18632/metode-penelitian-kuantitatif-dilengkapi-dengan-perhitungan-manual-spss.html
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453
Stephanus Turibius Rahmat. (2019). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.166
Stockdale, L. A., & Coyne, S. M. (2020). Bored and online: Reasons for using social media, problematic social networking site use, and behavioral outcomes across the transition from adolescence to emerging adulthood. Journal of Adolescence, 79(1), 173–183. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2020.01.010
Sumiati. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/4cjyq
Valsesia, F., Proserpio, D., & Nunes, J. C. (2020). The Positive Effect of Not Following Others on Social Media. Journal of Marketing Research, 57(6), 1152–1168. https://doi.org/10.1177/0022243720915467
Viola, S. B., Coleman, S. L., Glennon, S., & Pastorek, M. E. (2020). Use of parent education to improve self-efficacy in parents of students with emotional and behavioral disorders. Evaluation and Program Planning, 82, 101830. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2020.101830
Yaffe, Y. (2020). Systematic review of the differences between mothers and fathers in parenting styles and practices. Current Psychology, 42(19), Article 19. https://doi.org/10.1007/s12144-020-01014-6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Aziz Afandi, Wahyu Dwi Puspa Rina, Alaina Navila Farihana, Siti Aminatul Munawaroh, Ahni Aulya Rahma, Shafa Alifiranti, Rizki Rahmandari, Ganang Kurnia Illahi, Hesty Puspita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.