Mencegah Degradasi Moral Anak Melalui Pelatihan Pola Asuh Orang Tua yang Arif dan Efektif

Authors

  • Nur Aziz Afandi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Wahyu Dwi Puspa Rina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Alaina Navila Farihana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Siti Aminatul Munawaroh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Ahni Aulya Rahma Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Shafa Alifiranti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Rizki Rahmandari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Ganang Kurnia Illahi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Hesty Puspita Sari School of Universiti Malaysia Terengganu, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.233

Keywords:

Anak, Degradasi Moral, Pelatihan, Pola Asuh, Orang Tua

Abstract

Persoalan degradasi moral diakibatkan oleh salah satunya tidak sesuainya pola asuh orang tua terhadap anaknya. Hal itu persoalan itu harus diperhatikan cara serius karena akan menimbulkan dampak negatife di kemudian hari. Oleh sebab itu perlu diadakan kegiatan seminar/workshop/pelatihan kepada orang tua tentang pola asuh yang arif dan efektif (parenting) Tujuannya agar orang tua mengerti dan melaksanakan cara mengasuh dan membimbing anak secara benar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ialah Partisipatory Action Research (PAR). Objek pengabdian dilakukan pada orang tua di Desa Blaru, Badas, Kab. Kediri berjumlah 17 orang. Hasilnya ialah orangtua yang telah mengikuti pelatihan pola asuh anak menunjukkan kemampuan penerapan pola asuh yang lebih baik. Nilai rata-rata pola asuh sebelum mengikuti pelatihan adalah 2,96 untuk model pola asuh otoriter, 2,56 untuk model pola asuh permisif dan 3,33 untuk model pola asuh demokratis sedangkan nilai rata-rata penerapan pola asuh setelah mengikuti pelatihan adalah 2,79 untuk model pola asuh otoriter, 2,47 untuk model pola asuh permisif dan 3,34 untuk model pola asuh demokratis. Setelah dilakukan pelatihan parenting muncul keinginan orangtua untuk mendampingi anak dalam aktivitas di lingkungan sekitar dan dunia maya, meningkatnya keinginan orangtua untuk mendorong anak melakukan aktivitas positif dan meningkatnya motivasi untuk menjadi teladan positif bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Fitriyadi Sari. (2023). The Role of Parents in Building Spiritual, Moral, and Intellectual Mentality in Children. Journal of Childhood Development, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.25217/jcd.v3i1.3631

Anwar, F. (2022). Generasi Alpha: Tantangan dan Kesiapan Guru Bimbingan Konseling dalam Menghadapinya. http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i2.16093

Arliman S, L., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i2.1056

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54

Balantekin, K. N., Anzman‐Frasca, S., Francis, L. A., Ventura, A. K., Fisher, J. O., & Johnson, S. L. (2020). Positive parenting approaches and their association with child eating and weight: A narrative review from infancy to adolescence. Pediatric Obesity, 15(10), e12722. https://doi.org/10.1111/ijpo.12722

Burke, S., Sharp, L.-A., Woods, D., & Paradis, K. F. (2024). Enhancing parental support through parent-education programs in youth sport: A systematic review. International Review of Sport and Exercise Psychology, 17(1), 208–235. https://doi.org/10.1080/1750984X.2021.1992793

Deng, L., & Tong, T. (2020). Parenting style and the development of noncognitive ability in children. China Economic Review, 62, 101477. https://doi.org/10.1016/j.chieco.2020.101477

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916

Faircloth, C. (2023). Intensive Parenting and the Expansion of Parenting. https://doi.org/10.1007/978-3-031-44156-1_2

Fanani, M. Z., Hasanah, U., Arieska, Y. V. S., Shoimah, D. N., Yuniarti, R., & Octania, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Halimah, L., Arifin, R. R. M., Yuliariatiningsih, M. S., Abdillah, F., & Sutini, A. (2020). Storytelling through “Wayang Golek” puppet show: Practical ways in incorporating character education in early childhood. Cogent Education, 7(1), 1794495. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1794495

Hertinjung, W. S., Septianingrum, A. R. D., & Putri, Y. P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Mengakses Gadget. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/11291

Huda, S., Ridwanulloh, M. U., Khasanah, S. M., Prasetiyo, A. E., & Donasari, R. (2022). Improving Language Skills and Instilling Character Values in Children Through Storytelling. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i2.13880

Ikonen, H.-M., & Nikunen, M. (2019). Young adults and the tuning of the entrepreneurial mindset in neoliberal capitalism. Journal of Youth Studies, 22(6), 824–838. https://doi.org/10.1080/13676261.2018.1546383

Imam Azhar. (2019). Diktat KKN PAR 2019. LPP2M Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah. https://iaia-tabah.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/MATERI-PAR-KKN.pdf

Kalil, A., & Ryan, R. (2020). Parenting Practices and Socioeconomic Gaps in Childhood Outcomes. The Future of Children, 30(1), 29–54.

Khalida Rahmah Risnita. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Bambel. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16057/1/Khalida%20Rahmah%20Risnita%2C%20150213088%2C%20FTK%2C%20BK%2C%20082164246191.pdf

Lee, E. (2023). Experts and Parenting Culture. https://doi.org/10.1007/978-3-031-44156-1_3

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90.

Levy, R. (n.d.). Social Media, News Consumption, and Polarization: Evidence from a Field Experiment - American Economic Association. Retrieved August 3, 2024, from https://www.aeaweb.org/articles?id=10.1257/aer.20191777

Lupinacci, L. (2021). ‘Absentmindedly scrolling through nothing’: Liveness and compulsory continuous connectedness in social media. Media, Culture & Society, 43(2), 273–290. https://doi.org/10.1177/0163443720939454

Mufarochah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 80–89. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.182

Munif, A., Syahamah, W., Damayanti, B. A., & Fadhilah, R. Y. (2023). Sosialisasi pada remaja yang Terdampak Sosial Media terhadap Pergaulan Bebas (Studi di MTs Al-Ihsan Desa Banjaragung, Bareng, Jombang). NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.124

Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1, Article. http://conference.iaialhikmah.ac.id

Rao, B. N. (2022). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. Journal of Science and Technology, 7(10), 46–54. https://doi.org/10.46243/jst.2022.v7.i10.pp46-54

Ridwanulloh, M. U., Ramadhan, A., Rucha, A. P. A., Rahma, D. N. S. N. P., Pamungkas, G. B., & Aziz, P. N. I. (2024). Pendampingan Pemahaman Fiqih Wanita Terhadap Peserta Didik Di TPQ Al – Falah Dan TPQ Roudlotul Musthofa Desa Tunglur, Kec. Badas, Kab. Kediri. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 147–159. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.237

Ringberg, T., Reihlen, M., & Rydén, P. (2019). The technology-mindset interactions: Leading to incremental, radical or revolutionary innovations. Industrial Marketing Management, 79, 102–113. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2018.06.009

Riyanto Adji. (2021). Manfaat Metode Participatory Action Research (PAR) dalam Pembangunan Wilayah RT di Masa Pandemi. President University. https://www.researchgate.net/publication/366509741_MANFAAT_METODE_PARTICIPATORY_ACTION_RESEARCH_PAR_DALAM_PEMBANGUNAN_WILAYAH_RT_DI_MASA_PANDEMI

Siregar, M. D., Yunitasari, D., Partha, I. D. P., & Hamzanwadi, U. (2021). Model Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. 5(02).

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/18632/metode-penelitian-kuantitatif-dilengkapi-dengan-perhitungan-manual-spss.html

Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453

Stephanus Turibius Rahmat. (2019). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.166

Stockdale, L. A., & Coyne, S. M. (2020). Bored and online: Reasons for using social media, problematic social networking site use, and behavioral outcomes across the transition from adolescence to emerging adulthood. Journal of Adolescence, 79(1), 173–183. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2020.01.010

Sumiati. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/4cjyq

Valsesia, F., Proserpio, D., & Nunes, J. C. (2020). The Positive Effect of Not Following Others on Social Media. Journal of Marketing Research, 57(6), 1152–1168. https://doi.org/10.1177/0022243720915467

Viola, S. B., Coleman, S. L., Glennon, S., & Pastorek, M. E. (2020). Use of parent education to improve self-efficacy in parents of students with emotional and behavioral disorders. Evaluation and Program Planning, 82, 101830. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2020.101830

Yaffe, Y. (2020). Systematic review of the differences between mothers and fathers in parenting styles and practices. Current Psychology, 42(19), Article 19. https://doi.org/10.1007/s12144-020-01014-6

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Afandi, N. A. ., Rina, W. D. P. ., Farihana, A. N. ., Munawaroh, S. A. ., Rahma, A. A. ., Alifiranti, S. ., Rahmandari, R. ., Illahi, G. K. ., & Sari, H. P. . (2024). Mencegah Degradasi Moral Anak Melalui Pelatihan Pola Asuh Orang Tua yang Arif dan Efektif. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 55–69. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.233

Issue

Section

Articles