Pendampingan Pemahaman Fiqih Wanita Terhadap Peserta Didik Di TPQ Al – Falah Dan TPQ Roudlotul Musthofa Desa Tunglur, Kec. Badas, Kab. Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.237Keywords:
Fiqih Wanita, Pendampingan, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)Abstract
Artikel pengabdian masyarakat ini mendeskripsikan tentang pendampingan pembelajaran fiqih wanita pada santri TPQ. hal ini perlu dilakukan karena agar anak, khususnya yang perempuan bisa memiliki pemahaman tentang fiqih wanita yang nantinya bisa diterapkan dalam kehidupannya. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman para santri terhadap masalah fiqih kewanitaan yang membahas tentang haid, jenis darah, khasiat darah, masa suci haid, beserta tata cara bersucinya. Dengan latar belakang masih banyak masyarakat awam yang belum memahami tentang fiqih kewanitaan tersebut. Terutama gadis remaja tidak mengerti terhadap fiqih kewanitaan, karena materi tersebut sangat penting diterapkan karena keterkaitan dengan masalah ibadah sholat dan lain-lain. metode pengabdian ini menggunakan metode pendampingan oleh tim pengabdian melalui ceramah, tanya jawab dan diskusi. objek kegiatan dilakukan di dua TPQ, yakni TPQ Al-Falah dan TPQ Roudlotul Musthofa Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Metode pembelajaran dari kedua TPQ tersebut yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Dari hasil kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat terhadap peserta didik karena dengan adanya materi tersebut dapat menjadi solusi tentang permasalahan yang di alami dalam fiqih kewanitaan dan ketentuan ibadah dalam kesehariannya. selain itu orang tua juga merasa sangat puas karena merasa terbantu dan memang sebagian dari mereka memang masih awam terhadap pengatahuan fiqih wanita ini.
Downloads
References
Alawiyah, S., Handrianto, B., & Rahman, I. K. (2020). Adab Berpakaian Wanita Muslimah Sesuai Tuntunan Syariat Islam. Rayah Al-Islam, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.338
Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), Article 2.
Aswad, H. (2019). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERPUSAT (FOCUS GROUP DISCUSSION)TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS MURID KELAS V SD NEGERI II BONE-BONE KOTA BAUBAU. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 135–160. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3112
Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan Perempuan Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak. QUALITY, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109
Fadhli, K., Azhari, A., Thohari, M. H., & Firmasyah, K. (2021). Peningkatan Pemahaman Haid melalui Kajian Fiqih Wanita di Desa Barong Sawahan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Faliyandra, F., Hasanah, L., Safiatun, N., Akmaliyah, L., & Ilmiyah, K. (2021). DAMPINGAN PEMAHAMAN FIQIH WANITA: PENGETAHUAN TENTANG DARAH HAID DI DESA SEMAMBUNG. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303–318. https://doi.org/10.35316/assidanah.v3i2.1445
Fanani, M. Z., Hasanah, U., Arieska, Y. V. S., Shoimah, D. N., Yuniarti, R., & Octania, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126
Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33
Fitriyah, I. A., Santoso, G. A., Yuwita, N., Kusuma, D. R., Mughni, M. R., & Santia, D. A. (2022). Penyuluhan untuk Meningkatkan Pemahaman Haid melalui Kajian Fiqih Wanita di Desa Sebandung Sukorejo. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Article 1.
Hidayah, 16422051 Ida Nur. (2020). Implementasi Kegiatan Keputrian dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Kelas VIII dan IX di MTs Negeri 4 Sleman. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30899
Jannah, H. (2011). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM SPIRITUALITAS ISLAM (Suatu Upaya Menjadikan Perempuan Produktif). KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 136–145. https://doi.org/10.19105/karsa.v19i2.62
Kustina, F. (2023). Fikih Wanita dan Pemahaman Remaja Putri di Pondok Pesantren Sunan Drajat. Multidisciplinary Journal of Education , Economic and Culture, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.61231/mjeec.v1i1.58
Lestari, S., Suhilmiati, E., & Ammah, E. S. (2021). Kajian Fiqih Wanita Tentang Taharah Haid Pada Siswa Mi Al Ihsan Banyuwangi. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.29407/dedikasi
Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336
Munif, A., Syahamah, W., Damayanti, B. A., & Fadhilah, R. Y. (2023). Sosialisasi pada remaja yang Terdampak Sosial Media terhadap Pergaulan Bebas (Studi di MTs Al-Ihsan Desa Banjaragung, Bareng, Jombang). NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.124
Pebiyanti, L. A., Romelah, R., & Mardiana, D. (2023). Implementasi Program Keputrian dalam Membentuk Akhlak Perempuan Salihah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.402
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Putri, L. D., Solehati, T., & Trisyani, M. (2019). PERBANDINGAN METODE CERAMAH TANYA JAWAB DAN FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 8(1), 80. https://doi.org/10.30591/siklus.v8i1.1072
Qur’ani, H. B. (2019). MARTABAT PEREMPUAN MINANGKABAU DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA HAMKA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1258
Sulastri, S., & Tarmizi, A. T. A. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Susilawati, N. N. R. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEMAJUAN BANGSA: DITINJAU DARI PERKEMBANGAN BUDAYA. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i2.9955
Wahy, H. (2012). KELUARGA SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN PERTAMA DAN UTAMA. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.451
Waslah, W., Shofa, D. F. K., Yusuf, I. H., & Robiah, S. A. (2023). Pelatihan Pemahaman Fiqih melalui Kitab Mabadi’ Fiqih pada TPQ Al-Ikhlas Desa Gabusbanaran Tembelang Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v4i2.3107
Zaini, M. (2018). Pendidikan Remaja dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.99-117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Ubaidillah Ridwanulloh, Afrizal Ramadhan, Angela Putri Anidhotul Rucha, Devi Nina Sari Ning Putri Rahma, Gilang Bayu Pamungkas, Putri Nadia Ismahani Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.