Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas V dan VI sebagai Persiapan (ANBK) di SDN 1 Gadingkulon, DAU, Kab. Malang
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.264Keywords:
ANBK, Microsoft Word, Pelatihan, Sekolah DasarAbstract
Perkembangan teknologi sedemikian rupa ini tidak terlepas dari banyaknya pemanfaatan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia. Akibat dari perkembangan teknologi juga berdampak di dunia pendidikan yang salah satunya yaitu ujian yang berbasis computer di tingkat sekolah dasar sebagai pengganti dari ujian yang berbasis alat tulis. SDN 1 Gadingkulon merupakan salah satu sekolah dasar yang juga harus memanfaatkan teknologi berbasis computer untuk pembelajaran dan ujian namun banyak siswa yang belum dapat mengorasikannya dengan baik. oleh seban itu sosialisasi dan pendampingan oleh tim pengabdian KKN di SDN 1 Gadingkulon sangat diperlukan. Metode pengabdian ini menggunakan metode Scientific yang dirancang untuk mengkonsep sebuah pemahaman sekaligus praktik. hasilnya menunjukkan bahwa sosialisasi dilakukan pada siswa kelas 5 dan 6 SDN 1 Gadingkulon berjalan dengan baik. Dilanjutkan dengan pengenalan fitur Microsoft Word beserta fungsi dan penggunaan. Kesimpulan kegiatan pengabdian ini ialah sosialisasi dan pendampingan berjalan dengan efektif dan memberikan dampak yang signifikan pada siswa setelah terlaksananya kegiatan tersebut. Sebanyak 90 persen siswa telah mampu mengoperasikan computer terutama pada ujian sekolah yang sebelumnya siswa tidak mengetahui tata cara pengoperasian teknologi computer.
Downloads
References
Anam, K. A., & Prasetyo, A. (2023). Peningkatan Kualitas Siswa melalui Pelatihan In House Training Microsoft Word di SD Negeri Tunjung Kulon Jatilawang Banyumas. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i2.1258
Arifin, I., Haidi, R. F., & Dzalhaqi, M. (2021). Penerapan Computer Vision Menggunakan Metode Deep Learning pada Perspektif Generasi Ulul Albab. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 98–107. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.436
Aworanti, O. A. (n.d.). Information and Communications Technology (ICT) in Nigeria Educational Assessment System—Emerging Challenges, Universal Journal of Educational Research, 201. Retrieved July 31, 2024, from https://eric.ed.gov/?id=EJ1103174
Azhari, B., & Fajri, I. (2022). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(7), 1934–1954. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072
Bendanu, D. P. E., Kosasih, A., Audina, M., Dewi, A. P. N. K., Kurnia, A., Utomo, U. P., Wibowo, B., Sutarto, Perdana, W., & Febrian, M. A. (2022). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PERANGKAT LUNAK MICROSOFT OFFICE DI LINGKUNGAN SEKOLAH DESA CURUG. Abdi Jurnal Publikasi, 1(2), Article 2.
Csapó, B., Ainley, J., Bennett, R. E., Latour, T., & Law, N. (2011). Technological Issues for Computer-Based Assessment. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_4
Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan Dasar-Dasar Komputer Sebagai Persiapan Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa SD Negeri 218 Congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2525
Fatoni, F., Ependi, U., Suyanto, S., Andri, A., Nasir, M., Supratman, E., Ulfa, M., & Romadhon, R. P. (2024). Peningkatan Kapasitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pelaksanaan ANBK di SMK Nurul Huda. Journal of Sustainable Communities and Development, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.51519/journalscd.v2i1.539
Fluck, A., Pullen, D., & Harper, C. (2009). Case study of a computer based examination system. Australasian Journal of Educational Technology, 25(4). https://doi.org/10.14742/ajet.1126
Gemeda, H. K., & Lee, J. (2020). Leadership styles, work engagement and outcomes among information and communications technology professionals: A cross-national study. Heliyon, 6(4), e03699. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03699
Harmayani, H., Abdilah, D., Mapilindo, M., Oktopanda, O., & Hutahaean, J. (2022). Aplikasi Komputer. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. https://publisher.yayasandpi.or.id/index.php/dpipress/article/view/5
Idris, S., & Amalia, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis CorelDraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), Article 1.
Krisbiantoro, D., & Azis, A. (2021). Pengantar Ilmu Komputer: Aplikasi Microsoft Office 2016. Zahira Media Publisher.
Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 19. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11717
Mirsharapovna, S. Z., Shadjalilovna, S. M., Kakhramonovich, A. A., & Malikovna, K. R. (2022). Pros and Cons of Computer Technologies in Education. Texas Journal of Multidisciplinary Studies, 14, 26–29.
Saidah, J. N., Mahmudah, F. N., & E, D. M. N. (2023). Dampak Dari Penghapusan Mata Pelajaran TIK Pada K-13 Dalam Kegiatan ANBK (Asismen Nasional Berbasis Komputer). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4754
Saleh, A., Sari, R. E., & Manihuruk, J. O. (2020). Pemanfaatan Penguasaan Komputer Dalam Menghadapi Ujian Berbasis Komputer Bagi Siswa. Jurnal TUNAS, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30645/jtunas.v1i2.20
Santoso, F. E., & Astutik, I. R. I. (2021). Decision Support System For Computer Recommendations Using Web-Based Fuzzy Tahani Logic Method. Procedia of Engineering and Life Science, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1066
Schreyer-Bennethum, L., & Albright, L. (2011). Evaluating the incorporation of technology and application projects in the higher education mathematics classroom. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 42(1), 53–63. https://doi.org/10.1080/0020739X.2010.510216
Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1086
Sudiatmika, I. B. K., Fredlina, K. Q., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10535
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Amiruddin, Hendy Rifki Saputra Arifin, Syahrul Ramadan, M. Eugine Rahmadani, Rosianti Chairur Rizkiyah, Zulfa Fakhriyah Hasna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.