Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas V dan VI sebagai Persiapan (ANBK) di SDN 1 Gadingkulon, DAU, Kab. Malang

Authors

  • Muhammad Amiruddin Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Hendy Rifki Saputra Arifin Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung
  • Syahrul Ramadan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • M. Eugine Rahmadani Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Rosianti Chairur Rizkiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Zulfa Fakhriyah Hasna Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.264

Keywords:

ANBK, Microsoft Word, Pelatihan, Sekolah Dasar

Abstract

Perkembangan teknologi sedemikian rupa ini tidak terlepas dari banyaknya pemanfaatan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia. Akibat dari perkembangan teknologi juga berdampak di dunia pendidikan yang salah satunya yaitu ujian yang berbasis computer di tingkat sekolah dasar sebagai pengganti dari ujian yang berbasis alat tulis. SDN 1 Gadingkulon merupakan salah satu sekolah dasar yang juga harus memanfaatkan teknologi berbasis computer untuk pembelajaran dan ujian namun banyak siswa yang belum dapat mengorasikannya dengan baik. oleh seban itu sosialisasi dan pendampingan oleh tim pengabdian KKN di SDN 1 Gadingkulon sangat diperlukan. Metode pengabdian ini menggunakan metode Scientific yang dirancang untuk mengkonsep sebuah pemahaman sekaligus praktik. hasilnya menunjukkan bahwa sosialisasi dilakukan pada siswa kelas 5 dan 6 SDN 1 Gadingkulon berjalan dengan baik. Dilanjutkan dengan pengenalan fitur Microsoft Word beserta fungsi dan penggunaan. Kesimpulan kegiatan pengabdian ini ialah sosialisasi dan pendampingan berjalan dengan efektif dan memberikan dampak yang signifikan pada siswa setelah terlaksananya kegiatan tersebut. Sebanyak 90 persen siswa telah mampu mengoperasikan computer terutama pada ujian sekolah yang sebelumnya siswa tidak mengetahui tata cara pengoperasian teknologi computer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. A., & Prasetyo, A. (2023). Peningkatan Kualitas Siswa melalui Pelatihan In House Training Microsoft Word di SD Negeri Tunjung Kulon Jatilawang Banyumas. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i2.1258

Arifin, I., Haidi, R. F., & Dzalhaqi, M. (2021). Penerapan Computer Vision Menggunakan Metode Deep Learning pada Perspektif Generasi Ulul Albab. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 98–107. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.436

Aworanti, O. A. (n.d.). Information and Communications Technology (ICT) in Nigeria Educational Assessment System—Emerging Challenges, Universal Journal of Educational Research, 201. Retrieved July 31, 2024, from https://eric.ed.gov/?id=EJ1103174

Azhari, B., & Fajri, I. (2022). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(7), 1934–1954. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Bendanu, D. P. E., Kosasih, A., Audina, M., Dewi, A. P. N. K., Kurnia, A., Utomo, U. P., Wibowo, B., Sutarto, Perdana, W., & Febrian, M. A. (2022). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PERANGKAT LUNAK MICROSOFT OFFICE DI LINGKUNGAN SEKOLAH DESA CURUG. Abdi Jurnal Publikasi, 1(2), Article 2.

Csapó, B., Ainley, J., Bennett, R. E., Latour, T., & Law, N. (2011). Technological Issues for Computer-Based Assessment. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_4

Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan Dasar-Dasar Komputer Sebagai Persiapan Menyambut Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa SD Negeri 218 Congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2525

Fatoni, F., Ependi, U., Suyanto, S., Andri, A., Nasir, M., Supratman, E., Ulfa, M., & Romadhon, R. P. (2024). Peningkatan Kapasitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pelaksanaan ANBK di SMK Nurul Huda. Journal of Sustainable Communities and Development, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.51519/journalscd.v2i1.539

Fluck, A., Pullen, D., & Harper, C. (2009). Case study of a computer based examination system. Australasian Journal of Educational Technology, 25(4). https://doi.org/10.14742/ajet.1126

Gemeda, H. K., & Lee, J. (2020). Leadership styles, work engagement and outcomes among information and communications technology professionals: A cross-national study. Heliyon, 6(4), e03699. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03699

Harmayani, H., Abdilah, D., Mapilindo, M., Oktopanda, O., & Hutahaean, J. (2022). Aplikasi Komputer. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia. https://publisher.yayasandpi.or.id/index.php/dpipress/article/view/5

Idris, S., & Amalia, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis CorelDraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), Article 1.

Krisbiantoro, D., & Azis, A. (2021). Pengantar Ilmu Komputer: Aplikasi Microsoft Office 2016. Zahira Media Publisher.

Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 19. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11717

Mirsharapovna, S. Z., Shadjalilovna, S. M., Kakhramonovich, A. A., & Malikovna, K. R. (2022). Pros and Cons of Computer Technologies in Education. Texas Journal of Multidisciplinary Studies, 14, 26–29.

Saidah, J. N., Mahmudah, F. N., & E, D. M. N. (2023). Dampak Dari Penghapusan Mata Pelajaran TIK Pada K-13 Dalam Kegiatan ANBK (Asismen Nasional Berbasis Komputer). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4754

Saleh, A., Sari, R. E., & Manihuruk, J. O. (2020). Pemanfaatan Penguasaan Komputer Dalam Menghadapi Ujian Berbasis Komputer Bagi Siswa. Jurnal TUNAS, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30645/jtunas.v1i2.20

Santoso, F. E., & Astutik, I. R. I. (2021). Decision Support System For Computer Recommendations Using Web-Based Fuzzy Tahani Logic Method. Procedia of Engineering and Life Science, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1066

Schreyer-Bennethum, L., & Albright, L. (2011). Evaluating the incorporation of technology and application projects in the higher education mathematics classroom. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 42(1), 53–63. https://doi.org/10.1080/0020739X.2010.510216

Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1086

Sudiatmika, I. B. K., Fredlina, K. Q., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10535

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Amiruddin, M. ., Arifin, H. R. S., Ramadan, S. ., Rahmadani, M. E. ., Rizkiyah, R. C. ., & Hasna, Z. F. . (2024). Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Bagi Siswa Kelas V dan VI sebagai Persiapan (ANBK) di SDN 1 Gadingkulon, DAU, Kab. Malang. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.264

Issue

Section

Articles