Internalisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Artikel Best Practice
DOI:
https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.310Keywords:
Artikel, Best Practice, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Pelatihan, PenulisanAbstract
Sebagai dukungan terhadap Gerakan Literasi Nasional (GLN) di lingkungan sekolah, tim pengabdian telah melaksanaan program Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbentuk Artikel Best Practice. Program ini telah diselenggarakan dengan mitra SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan. Para guru SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan memiliki minat dan atensi yang terbatas terhadap penulisan karya ilmiah. Oleh karena ini, tim pengabdian mengupayakan rangkaian kegiatan pengabdian yang terdiri dari workshop, pendampingan penulisan karya ilmiah berbentuk artikel best practice, dan pendampingan publikasinya menjadi buku berISBN. Tujuan program ini yaitu adanya peningkatan kemampuan untuk menulis karya ilmiah berbentuk artikel best practice bagi guru di SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan. Luaran pengabdian ini yaitu berupa buku ber-ISBN yang memuat karya ilmiah berbentuk artikel best practice yang ditulis oleh guru di SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan. Selain itu, video kegiatan, artikel hasil pengabdian pada media massa online Kabarpas juga merupakan wadah diseminasi hasil pengabdian ini. Tim pengabdian berharap terlaksananya program ini dapat dilanjutkan guna meningkatkan semangat internalisasi terhadap Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui penulisan ragam karya yang lain di SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan.
Downloads
References
Asep Saeful Rohman, P. Dan A. Y. (2017). Workshop Literasi Informasi Dan Penulisan Ilmiah Bagi Kalangan Guru SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37. Retrieved From Journdharmakarya/Article/Viewfile/11437/5233al.Unpad.Ac.Id/
Baharuddin. (2017). Pembentukan Karakter Siswa Dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah. Journal Of Islamic Education Management ISSN: 2461-0674, 3(Literasi), 21–40.
Fazila, N. (2020). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V MIN 7 Pidie Jaya. Retrieved From Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/13900/
Hakiki, N. H. (2019). Peranan Guru Dalam Pelaksanaan Program Gerkan Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Civic Knowledge. Jurnal Kultur Demokrasi Vol 5 No 1 Tahun 2019, 8(5), 55.
Hartati, M., Ario, F., Nurhafni, Imayanti, R., & Andrian, Y. (2020). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di SMA Tahun 2020. Kemendikbud, (1), 1–64.
Hasan. (2021). Publikasi Ilmiah Bagi Guru Sekolah: Antara Realita Dan Harapan. Jurnal Ilmiah: Cross Border, 4(2), 154–164. Retrieved From Https://Guruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/Aksi/Publikasi-Ilmiah-Bagi-Guru/
Junaidi, M. (2021). Proses Internalisasi Ilmu Pengetahuan Dan Nilai-Nilai (Values) Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter Dan Revolusi Mental. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 48–61.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50. Retrieved From Https://Gln.Kemdikbud.Go.Id/Glnsite/Wp-Content/Uploads/2017/08/Panduan- Gln.Pdf
Meliantina. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120–139.
Munif, M. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V1i2.49
Nofriady, J., & Halkis, H. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Bela Negara Dengan Pendekatan Binter Di Wilayah Kodim 0618/Bs Kota Bandung Internalization Of National Defense Values With The Binter Approach In The Kodim 0618 / Bs Region In Bandung City.
Strategi Pertahanan Darat, 4(3), 83–102.
Nurchaili. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. LIBRIA: Volume 8, Nomor 2: Desember 2016, 197–209.
Saetban, A. A. (2020). Internalisasi Nilai Disiplin Melalui “Perencanaan” Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Baik Remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 90–98. Https://Doi.Org/10.37640/Jip.V12i1.285
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1356–1364. Retrieved From Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu
Sumiati, S., Muhammad, N., Malli, R., & Palangkay, R. D. (2022). PKM Pelatihan Dan Pendampingan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah PTK Di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Membangun Negeri, 6(2), 16–24. Retrieved From Https://Jurnal-Umbuton.Ac.Id/Index.Php/Ppm/Article/View/2751
Suprihatin, D., & Riyanto, S. (2023). Teori Dan Praktik Menulis Karya Ilmiah Dengan Pendekatan Saintifik Di Perguruan Tinggi. Penerbit Widina.
Wardani, W. (2019). Internalisasi Nilai Dan Konsep Sosialisasi Budaya Dalam Menjunjung Sikap Persatuan Masyarakat Desa Pancasila. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 164. Https://Doi.Org/10.31604/Jips.V6i2.2019.164-174
Warsono, W., Prasetya, S. P., Segara, N. B., Wisnu, W., Jacky, M., & Khotimah, K. (2020). Pelatihan Online Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis “Best Practice Of Learning” Selama Pandemi Covid 19 Bagi Guru IPS. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 1(1), 32–38. Https://Doi.Org/10.26740/Sosearch.V1n1.P32-38
Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Smp Dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 181–195. Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V2i2.2658
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Barotun Mabaroh, Sugianti, Ilmiyatur Rosidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.