Menjadi Asik Tanpa Mengusik: Mencegah Bullying Melalui Moderasi Beragama

Authors

  • Mu’awanah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Hesa Nizar Arosy Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Muhammad Roqim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Adella Wahyu Purnomo Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.312

Keywords:

Moderasi Beragama, Pencegahan Bullying, Toleransi, Karakter Siswa

Abstract

Bullying atau perundungan merupakan sebuah kasus yang kian meresahkan di Indonesia, khususnya dalam dunia Pendidikan. Bullying termasuk dalam kategori kekerasan terhadap anak, dan maraknya aduan di Jawa Timur mengindikasikan bahwa provinsi ini menjadi salah satu daerah dengan tingkat bullying yang tinggi. Bullying marak terjadi di lingkungan pendidikan bukan hanya terjadi di sekolah umum tetapi juga di lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMP Islam As-Shidiq tentang moderasi beragama serta sosialisasi anti-bullying di SMP Islam As Shidiq. Pengabdian ini menggunakan metode Parcipatory Action Research (PAR). Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2024 di SMP Islam As-Shidiq. Peserta yang mengikuti kegitan ini seluruh siswa kelas VII SMP Islam As-Shidiq yang berjumlah 20 siswa. hasilnya peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi. Mereka aktif bertanya dan terlibat dalam diskusi yang difasilitasi oleh pemateri. kesimpulannya setelah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan tersebut maka aktivitas siswa di SMP Islam As-Shidiq menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan untuk mengenali berbagai bentuk bullying, memahami dampak negatifnya, serta menerapkan nilai-nilai moderasi dalam interaksi sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Asyhar, T. (2023). Implementasi Moderasi Beragama (MB) Melalui Pendekatan Kognitif Berbasis Karakter. Jurnal Bimas Islam, Vol 16, No.1, 241-276.

Almira, N. S., & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomenologis Intrepretatif tentang Definisi Bullying dan Harga Diri Bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 9, No. 2, 209-224.

Andriana, E. L., Simatupang, M., & Riza, W. L. (2021). Konformitas Teman Sebaya Dan Perilaku Bullying di SMP Negeri 6 Karawang. Jurnal Psikologi Prima, Vol. 04, No. 01, 12-19.

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, 287-295.

Aryuni, M. (2017). Strategi Pencegahan Bullying Melalui Program “Sekolah Care” Bagi Fasilitator Sebaya. Asian Journal of Environment, History and Heritage, Vol. 1, Issue. 1, 211-222.

Asshidiqi, A. Q., Muharam, A., Fajrussalam, H., Mustikaati, W., & Ruswan, A. (2023). Analisis Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta. Foundasia, Vol. 14, No. 2, 37-51.

Denfeld, A. P., Canrinus, E. T., & Dalehefte, I. M. (2023). Teacher Identity in Work With Students' Psychosocial Environment: A Systematic Review of Quantitative Research. Psychology in The School, Volume 60, Issue 12, 5041-5061.

Gbordzoe, N. I., Srem Sai, M., Agormedah, E. K., Jr, J. E., & Sarfo, J. O. (2024). Gender Differences and Correlates of Bullying Victimisation among in school Adolescents in Benin. Discover Psychology, 4:117.

Girivirya, S. (2023). The Model of Inter-Religious Education in the Perspective of Moderation of Religion: A Case Study at the University of Defense. InternationalcJournal of Science and Society, Volume 5, Issue 2, 1-9.

Halim, A., Ilmi, A. A., Panggabean, M. D., Azizah, N., & Yanda, R. A. (2023). Implementasi Kebijakan Anti Perundungan (bully) Oleh Konseling Pada Siswa Melalui Layanan Konseling Di SMP Negeri 27 Medan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, Vol 3, No. 2, 207-223.

Hoktaviandri, Suatri, Irawati, Ningsih, S. S., Effauzi, M., & Ritonga, M. (2024). Diversity and Urgency of Religious Moderation Education According to The Public Perception. Al-Hayati: Journal of Islamic Education (AJIE), Volume 8, Issue 2, 505-522.

Ismiatun, R. (2014). Bullying di SD Negeri Gondolayu Kota Yogyakarta. Skripsi, 60-61.

Lubis, P. (2024). Harmoni Agama melalui Pendidikan Islam: Menggali Toleransi dan Batasan-Batasan Moderasi dalam Konteks. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, Vol. 3, No. 1, 314-332.

Lumbu, A., Salim, C., Islamianingrum, I., & Erlina, T. (2022). Pemberdayaan Majelis Ta’lim al-Hidayah Lampung Tengah dalam Pencegahan Paham Radikalisme dan Konflik Antar Umat Beragama. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4, No. 2, 171-182.

Marsakha, A. T., Hariri, H., & Sowiyah. (2021). Management of Character Educationin School: A Literature Review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 2, 185-194.

Muhayanah, Habudin, & Juhji. (2023). Hubungan Pembinaan Keagamaan Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 14, No. 1, 20-31.

Muhtador, M., Shofaussamawati, & Rahman, Z. A. (2024). Epistemology and Resistance to the Meaning of Religious Moderation in Islamic Boarding Schools. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, Volume 5, Nomor 1, 16-26.

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, Vol. 18, No. 1, 59-70.

Nurmalasari, N., Zakiyyah, A. N., Padillah, A. R., Rohiman, & Hidayat, Y. (2023). Pemberdayaan UMKM melalui Legalitas Usaha di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 59-64.

Pan, Y., Liang, S., Shek, D. T., Zhou, D., & Lin, X. (2023). Perceived School Climate and Adolescent Behaviors among Chinese Adolescents: Mediating Effect of Social‐Emotional Learning Competencies. Psychology in the Schools, Volume 60, Issue 9, 3435-3451.

Pransinartha, P., Sigai, E. R., & Supriadi, G. e. (2023). Optimalisasi Penguatan Agama Melalui Regenerasi dan Kader di Desa Tewang Kadamba. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 4, 136-146.

RI, T. P. (2019). Moderasi beragama. Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Rohmadi, A. H., & Aini, N. (2024). The Impact of Bullying on Children’s Education and Mental Health. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 9, No. 1, 174-193.

Sandi, R., Sumarto, & Sutarto. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di MIN 1 Rejang Lebong. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 7, No. 3, 1147-1165.

Sari, N., & Devra, D. D. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam Mengatasi Kasus Bullying Pada Peserta Didik. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, Vol. 8, No. 1, 82-87.

Smith, R. S. (2022). Character Education and The Instability Of Virtue. Journal of Philosophy of Education, Volume 56, Issue 6, 889-898.

Suci, I. S., Ramdhanie, G. G., & Mediani, H. S. (2021). Intervensi Pencegahan Bullying Pada Anak Berbasis Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, Vol 4, No. 2, 643-653.

Syahruddin, M. (2019). Efektifitas Target-Bullying Intervention Program (T-BIP) dalam kasus Bullying di Kabupaten Pangkep. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Vol. 1, No. 2, 95-103.

Tay, E. M. (2023). Revisiting the Definition of Bullying in the Context of Hifher Education. International Journal of Bullying Prevention.

Thursina, F., Supriandi, & Sinaga, J. (2023). Hubungan antara Pola Attachment Orang Tua dan Keinginan Untuk Melakukan Hubungan Seks Pranikah Pada Remaja : Analisis Peran Faktor-Faktor Psikologis dan Konteks Keluarga. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 164-172.

Wahyudin. (2023). Menumbuhkan Sikap Moderat Siswa dalam Beragama Melalui Pembelajaran PAI. Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 7, No. 1, 103-120.

Witro, D., Putri, L. A., & Oviensy, V. (2022). Internalizing The Values of Religious Moderation Through Parsubang Local Wisdom-Based Eucation in North Sumatera. Jurnal Harmoni, Vol. 21, No. 2, 316-329.

Yaqin, N., Khafidhoh, N., Azha, A. C., Shafira, A. L., & Lutfiani. (2022). Pelatihan Pengembangan Website Desa sebagai Penyebaran Informasi bagi Aparatur Pemerintah Desa Sumberagung. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 3, 145-149.

Yunika, R., Alizamar, & Sukmawati, I. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri se Kota Padang . Jurnal Ilmiah Konseling, 21-25.

Zakaria, M. H. (2021). Pengembangan Pendidikan Moderasi Beragama di Kalangan Remaja. Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 18, No. 2, 143-152.

Zaneva, M., Minnick, E., & et al, N. (2023). Social Norms Predict Bullying: Evidence from an Anti Bullying Social Norms Predict Bullying: Evidence from an Anti Bullying. International Journal of Bullying Prevention.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Mu’awanah, Arosy, H. N. ., Roqim, M. ., & Purnomo, A. W. . (2024). Menjadi Asik Tanpa Mengusik: Mencegah Bullying Melalui Moderasi Beragama. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 115–132. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.312

Issue

Section

Articles