Sosialisasi Anti Bullying sebagai Upaya Mengurangi Kasus Bullying pada Lingkungan Sekolah Dasar di SDN1 Sidowarek

Authors

  • Vira Aisya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Lathifatun Nikmatil Aula Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Sofia Hidayati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Linda Sintia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Ulfa Nurul Ainniyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Badun Ali Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.331

Keywords:

Sosialisasi, Lingkungan Sekolah, Bullying, Anti Bullying

Abstract

Sosialisasi anti bullying ini bertujuan agar siswa mengetahui macam-macam bullying dan cara menangani masalah perundungan di lingkungan sekolah. Kegiatan ini sangat diperlukan karena jumlah kasus korban bullying terus meningkat setiap tahunnya. Di lingkungan sekolah, perundungan sering terjadi ketika siswa yang lebih tua atau lebih unggul mengintimidasi siswa yang lebih muda. Penggunaan media sosial juga berkontribusi pada peningkatan perundungan karena berdampak negatif yang biasa dikenal sebagai cyberbullying. Kegiatan sosialisasi anti Bullying metode PAR atau Participatory Action Recearch sebagai program kerja KKN. Hasilnya kegiatan sosialisasi ini menggunakan beberapa tahap yaitu perancangan, pelaksanaan sosialsisasi, diskusi, dan keterlibatan. Dengan adanya kegiatan sosialisasi anti bullying, pendidik dapat lebih efektif dalam mendukung siswa untuk anti bullying dan memberikan wawasan kepada siswa. Setiap perbedaan tidak menjadi satu faktor untuk terjadinya aksi bullying. Hal ini memastikan bahwa penindasan tidak dapat ditoleransi dan siswa menyadari pentingnya mengatasi masalah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2015). Modul Participatory Action Research (PAR) untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing). Surabaya: Dwiputra Pustaka Jaya.

Afrianda, C. R., Nayuko, A. M., & Lutfiah, P. (2024). Studi Mengenai Dampak Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar di SDN Malabar Kota Bogor. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 50-59.

Aini, D. F. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal PEmikiran dan Pengembangan SD, 36-46.

Ali, A. C. (2022). Fenomena Bullying Siswa Dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Anggraini, N. D., Sadytadi, H., & Widodo, U. (2024). Deteksi Dini Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 476-491.

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 93-100.

Azis, A., Saleh, S. F., Juminah, M. S., Husnah, A., Akbar, B. N., Munandar, A. A. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying di SDIT Bombang Talluna Bira Kota Makassar. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 101-107.

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 64-68.

Dewi, P. Y. (2020). Perilaku School Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 39-48.

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 52-63.

Lusiana, S. N., & Arifin, S. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 337-350.

Mustaqimah, N., Usman, N. F., & Nurhayati. (2024). Upaya Pencegahan Tiga Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan melalui Kegiatan Sosialisasi di SDN 25 Kota Gorontalo. Jurnal Transformasi Pendidikan Indonesia, 206-213.

Najwa, L., Aryani, M., Suhardi, M., Purmadi, A., & Garnika, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Peilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter dan Pelibatan Orang Tua. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13-17.

Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 104-108.

Rahman, A. F., Sriwahyuni, W., Hakim, A. R., Azhar, F., Cahyani, M. O., Elyunandri, H. P.,. Latif, A. (2020). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 8-14.

Ramadhanti, & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4566-4573.

Rosmi, F., Kartikasari, P., Yuningsih, S., & Anggraeni, L. (2023). Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 84-101.

Saleh, M., Muhamad Sadli, R., Mayani, T., Filian, H. R., Wulandari, L., Khadijah, S.,. Sari, D. I. (2024). Ramifikasi Problematika Sosial. Indramayu: CV.Adanu Abimata.

Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.

Sari, N. M., Suastini, K., Anggawati, P. D., Dinanti, D. P., Putri, N. L., & Ardianti, N. P. (2024). Mencegah Bully di Sekolah Dasar. Bali: Nilacakra.

Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamanda, 496-504.

Suroyo, Rizka, A., Saputra, A., Maulana, A., Harahap, A. R., Atika, N. N.,. Maychel, Y. (2022). Pencegahan Tindak Bullying Melalui Sosialisasi Stop Bullying di Lingkungan SD 015 Gunung BUngsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masuarakat, 4827-4834.

Widijaya, Putri, A., Siswan, D. L., Alvian, M. A., Nada, N., & Lisvyanti, S. H. (2022). Pemahaman Mengenai Tindak Bullying And Hate Speech Dikalangan Pemuda Indonesia. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (pp. 648-661). Batam: Universitas Internasional Batam.

Yunita, T., Rafifah, T., & Anggraeni, D. (2021). Say No to Bullying Behavior: Implementasi Nilai Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Aulad : Journal on Early Childhood, 183-189.

Published

2024-11-23

How to Cite

Aisya, V., Aula, L. N., Hidayati, S., Sintia, L., Ainniyah, U. N., & Ali, B. (2024). Sosialisasi Anti Bullying sebagai Upaya Mengurangi Kasus Bullying pada Lingkungan Sekolah Dasar di SDN1 Sidowarek . NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 158–179. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.331

Issue

Section

Articles