Using Think Pair Share Method to Improve The Reading Skill On Narrative Text Of The Students Of MTSN Kunir Blitar

Authors

  • Sri Wahyuni State College for Islamic Studies (STAIN) Kediri, Indonesia
  • Laelatul Badriyah State College for Islamic Studies (STAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/realita.v13i1.55

Keywords:

Think Pair Share, Reading skill, Narrative Text

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan metode think-pair share (berpikir-berpasanganberbagi) untuk meningkatkan ketrampilan membaca teks naratif pada siswa kelas delapan MTsN Kunir, Blitar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Intrument penelitian yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan tes. Subject penelitian adalah siswa kelas delapan MTsN Kunir, Blitar yang terdiri dari 36 siswa. Ada dua kriteria kesuksesan pada penelitian ini. Pertama, jika 80% siswa berpartisipasi aktif pada proses pembelajaran, dan kedua jika 80% siswa mendapat skor minimum 75 sebagaimana kriteria skor minimum (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua putaran untuk menerapkan metode think-pair-share dengan sukses. Hasil penelitian pada putaran pertama menunjukkan 38,8% siswa dapat melampaui skor minimum. Sedangkan dari hasil observasi, partisipasi siswa pada aktifitas membaca adalah 13, 8% pada pertemuan pertama dan 25% pada pertemuan kedua. Oleh karena itu, putaran pertama belum sukses, dan perlu diadakan perbaikan pada perlakuan yang diberikan. Pada putaran kedua, 81,25% siswa mampu melampaui batas skor minimum 75, dan partisipasi siswa pada aktifitas membaca adalah 80,25%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa putaran kedua sukses.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-05-20

How to Cite

Wahyuni, S. ., & Badriyah, L. . (2015). Using Think Pair Share Method to Improve The Reading Skill On Narrative Text Of The Students Of MTSN Kunir Blitar. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 13(1), 97–111. https://doi.org/10.30762/realita.v13i1.55

Issue

Section

Articles