Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan pada Mahasiswa Tadris IPA
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v20i1.101Keywords:
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Lingkungan, Peduli, PengetahuanAbstract
Mahasiswa Tadris IPA sudah mempelajari konsep pengetahuan lingkungan, namun sikap yang merekamunculkan belum memperlihatkan adanya perubahan perilaku seperti yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran materi pengetahuan lingkungan. Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, dan hubungan antara pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan mahasiswa Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kediri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan melakukan analisis hubungan antara pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan mahasiswa Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kediri. Hasilnya ialah pengetahuan lingkungan pada mahasiswa Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kediri yaitu 3 orang (5,55%) memiliki pengetahuan lingkungan hidup yang rendah, 16 orang (29,63%) memiliki pengetahuan lingkungan hidup yang cukup, 30 orang (51,85%) memiliki pengetahuan lingkungan hidup yang tinggi, dan 9 orang (12,96%) memiliki pengetahuan lingkungan hidup yang sangat tinggi. Sikap peduli lingkungan mahasiswa Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kediri yaitu 2 orang (3,70%) telah memiliki sikap peduli lingkungan yang cukup, sebanyak 43 orang (75,93%) telah memiliki sikap peduli lingkungan yang tinggi, dan 13 orang (20,37) memiliki sikap peduli lingkungan hidup yang sangat tinggi. Hubungan antara pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan mahasiswa Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kediri berdasarkan perhitungan Korelasi Pearson diperoleh 0,010 < 0,05, sehingga ada hubungan pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan mahasiswa Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kediri.
Downloads
References
Adisendjaja, Y.H. & Romlah O. 2007. Identifikasi kesalahan dan miskonsepsi buku teks biologi SMU. Proseding : Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Adnyana, P. 2014. Pengembangan Modul Geografi Modul Depdiknas Berbasis Kearifan Lokal Bali PadaKompetensi Inti Pengetahuan Tentang Lingkungan Hidup SMA/MA Kelas XI. Tesis Tidak diterbitakn. Malang : Universitas Negeri Malang.
Ahmadi, A. 2016. Psikologi Umum Jakarta: Rineka Cipta.
Aman, A.H.L., Amran H., and Zuhal H. 2012.The Influence of Environmental Knowledge and Concern on Green Purchase Intention the Role of Attitude as a Mediating Variable. Taylor and Francis : Environmental Science (Q1) Vol. 7.No. 2. pp. 145-167.
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). Abridge Edition. New York: David McKay Company.
Arianto, I. 1988. Kependidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup untuk IKIP dan FKIP. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Barlia, L. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.
Chen, T. B. and Chai L. T. 2010. Attitude towards the Environment and Green Products: Consumer Perspective. International Journal of Management Science and Engineering Management. (Q2) Vol. 4.No. 2. pp. 27-39.
Fauzi, M., Muryani, C., Santoso, S. Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan Hidup Dan Prestasi Belajar Geografi Dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Karanganyar Jurnal GeoEco. ISSN: 2460-0768 Vol. 4, No. 1 (Januari 2018) Hal. 88-99 E-ISSN: 2597-6044
Ganjar, A. Dan Anisyah, A. 1997. Pedoman Pembinaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: PT.Refika Aditama.
Haryanto, B. and Santi B. 2014. The Role of Environmental Knowledge in Moderating the Consumer Behavioral Processes toward the Green Products (Survey on the Green product mind in Indonesian). Review of Integrative Business & Economics Research. Vol. 4.No. 1. pp. 203-216.
Joshi, P. 2012. Effects of Environmental Concern & Social Norms on Environmental Friendly Behavioral Intentions.International Journal of Business Intelligence and Data Mining. (Q3) Vol. 5.No. 1. pp. 169-175.
Julina. 2013. Determinan Perilaku Pembelian Ekologis dan Konsekuensinya Terhadap Lingkungan: Perspektif Konsumen di Kota Pekanbaru Berdasarkan Kolektivisme, Perhatian Terhadap Lingkungan, Efektivitas Konsumen, dan Kesediaan Membayar. Kutubkhanah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. (S2) Vol. 16.No. 2. pp. 115-126.
Kementrian Lingkungan Hidup. 2010. Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan. Indonesia: Kementrian Lingkungan Hidup.
Keraf, S dan Mikhael D. 2001. Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Kanisus
Krech, D & Crutchfield, R.S. 1985. Individual in Society. Singapore: McGraw-Hill Book Company, Inc.
Kim & Beatrix B. 2005. Ecological Paradigms Lost: Routes of Theory Change. UK: Elsevier Academic Press.
Kumurur, A.S. 2010. Pengetahuan, Sikap, dan Kepedulian Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan terhadap Lingkungan Hidup Kota Jakarta. Jurnal Ekoton. 8 (1-24) issn: 1412-3487
Lee, K. 2011. The Green Purchase Behavior of Hong Kong Young Consumers: The Role of Peer Influence, Local Environmental Involvement, and Concrete Environmental Knowledge. Journal of International Consumer Marketing. (Q2) Vol. 23.No. 1. pp. 21-44.
Liesnoor S., Setyowati., Sunarko, Rudatin dan Sri. 2014. Pendidikan Lingkungan Hidup. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Maghfiroh. 2016. Pengembangan Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Berbasis Proyek Dengan Sumber Belajar TPA Supit Urang Malang Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan, Pengetahuan, dan Keterampilan Siswa Kelas X SMAN 5 Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang
Millah, A. U. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Maket dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem. Skripsi. Bandar Lampung: UNILA.
Noor, N.A.M., Azli M., Azilah K., Cik Z.M.J., Norsiah M., Norazwa M., and Hayatul S.S. 2012. Creating Green Consumers: How Environmental Knowledge and Environmental Attitude Lead to Green Purchase Behaviour?.International Journal of Biological Sciences. (Q1 )Vol. 5.No. 1. pp. 55-71.
Othman, MN, Ong, FS & Lim, MH (2004), “Environmental attitudes and Knowledge of teenage consumers”, Malaysian Journal of Consumer and Family Economics. (Q4) Vol. 7, pp. 66-79.
Paille, P., Chen, Y., & Boiral, O. 2014. The Impact of Human Resource Management on Environmental Performance: An Employee-Level Study. Q1. Journal of Business Ethics, 121 (3): 451 – 466.
Saputro, Rintayati dan Supeni. 2016. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup, Tingkat Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan (Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Jati Agung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu Lampung Tahun 2015 dan Sebagai Subtansi Pembelajaran di Kelas XI IPS Geografi SMA). Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 2, No. 2 (Juli 2016) Hal. 128-136
Sastrawijaya, A. Tresna. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.
Sujana, K., Hariyadi, S., Purwanto, E. 2018. Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Lingkup Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy. (S3). Volume 5 Nomor 2
Sumarsono dan Yayat G. 2012.Analisis Sikap dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling serta Pengaruhnya pada Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan.Performance. (S3)Vol. 15.No. 1. pp. 70-85.
Suwandi, T. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis OPEN-ENDED Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah oleh siswa (skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Suwartono. 1999. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Surakarta: UNS press.
Usaini, M.I, Abubakar, N.B, & Ado A.B. 2015. Influence Of School Environment On Academic Performance Of Secondary School Students In Kuala Terengganu, Malaysia. Innovative Higher Education (Q2), 1 (6): 203 – 209.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ardiana Fatma Dewi, Atika Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.