Pemikiran Louis Massignon Cendekiawan, Islamis, Mistisi Katolik dan Impikasi Terhadap Keislaman

Authors

  • Ratih Himamatul Azizah Tannisyafolia Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/realita.v20i1.103

Keywords:

Islamis, Katolik, Masyarakat Muslim, Spiritualitas, Pemikiran Louis Massignon

Abstract

Artikel ini membahas tentang pemikiran Louis massignon sebagai orientalis barat yang mempeelajari studi Islam. Orientalis adalah para pemikir barat (eropa) yang mempelajari tentang dunia timur. Louis Massignon sebagai orientalis abad ke 20 yang menghasilkan banyak pemikiran yang mempunyai implikasi terhadap pemikiran Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang merupakan  jenis penelitian mengungkap suatu fenomena atau peristiwa dengan bentuk deskripsi narasi dan narasi historis. Sumber data diambil dari buku, artikel, jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasilnya menjelaskan tentang perjalanan dan pengaruh kepada dunia Islam sekaligus seorang orientalis yang bernama Louis Massignon. Louis Massignon menjalankan studi Islam dengan berkeliling ke dunia Islam dan mempelajari budaya adat serta kebiasaan masyarakat Islam. Salah satu karya yang fenomenal adalah tentang sufisme Al-Hallaj. Dalam kajian tasawuf Louis massignon tertarik dengan Al-Hallaj. Ketertarikannya akan Al-Hallaj pada saat ia bertemu dengan Al-Hallaj dalam spiritualitas. Selain tertarik dengan sufisme Al-Hallaj ia juga tertarik dengan teks arab dan syiria yang membawanya menjadi seorang intelektual islam. Ia juga tertarik dengan isu-isu sosial yang terjadi pada masyarakat di Negara-negara muslim.

References

Abu Al-Wafa’ Al-Taftanzani.(1997). Sufi Dari Zaman Ke Zaman. Bandung: Pustaka.

Amien Jaiz. (1980). Masalah Mistik Tasawuf & Kebatinan. Bandung: PT Alma’arif.

Badawi Abdurrahman. (2003) Ensiklopedi Tokoh Orientalis. Yogyakarta: Lkis.

Harun Nasution. (2008) .Falsafat Dan Mistisisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

H. A. R Gibb. (1883-1962). Louis Massignon. Cambridge: Journal Of The Royal Asiatic Society, Vol 95, Issues 1-2, 2011.

Http://Lamoiko. Blogspot.Co/2012/09/ Sejarah Pemikiran Dan Tokoh Orientalis.

Massignon Louis. (2001). Diwan Al-Hallaj. Yogyakarta: Putra Langit.

Mustafa Alsibai. (1983).Akar-Akar OrientalismemTerj, Ahmadie Thaha. Surabaya: Bina Ilmu.

Nur Fitriyani. (2012). Fenomenologi Agama. Palembang: Grafika Telindo.

R.C Zaehner. (1994). Mistisisme Hindu Muslim, Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.

Rais Amin. (1997). Cakrawala Islam Cet 1, Bandung: Mizan.

Rois Aiza Mohd Moktar, Konsep Sinkretisme Menurut Perspektif Islam, Malaysia: Universitas Malaya Pusat Penataran Ilmu Dan Bahasa , Seminar Pemikiran Islam II juli 2010.

Seyyed Hossein Nasr. (2003). Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Bandung: Mizan.

Seyyed Hossein Nasr. (1987). Islam Tradisi Di Tengah Kancah Dunia Modern, Bandung: Pustaka.

Suryani Neni, Skripsi Pandangan Louis Massignon Tentang Pengalaman Sufistik Al-Hallaj Bengkulu: Iain Bengkulu, 2018.

Thaha Hamim. (2004). Islam Dan Nu Di Bawah Tekanan Problematika Kontemporer , Surabaya: Diantama.

Wikipedia Louis Massignon Diakses Pada Tanggal 2 Maret 2022

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Tannisyafolia, R. H. A. . (2022). Pemikiran Louis Massignon Cendekiawan, Islamis, Mistisi Katolik dan Impikasi Terhadap Keislaman. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(1), 55–71. https://doi.org/10.30762/realita.v20i1.103