Tradisi Hizib Hirzul Jausyan di Pondok Pesantren; Sejarah dan Motif Pelaksanaannya

Authors

  • Kadi Kadi Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Khairul Fitrin Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/realita.v20i2.132

Abstract

This article aims to find out how the hizib hirzul jausyan tradition developed in Islamic boarding schools to achieve a problem goal, which includes the history of hizib hirzul jausyan and how the motifs used in the Al-Mahrusiyah Islamic boarding school with this type of research are descriptive analysis and use a phenomenological approach. By collecting data in the form of in-depth interviews with informants in the form of boarding school caregivers, students, and alumni of the Hidayatul Mubtadi-Ien Madrasah Parent (MHM) as teachers at the Dinah Putri Madrasah, and active advisors, in addition, researchers conducted observations and documentation. The data analysis process uses a flow model: data reduction, data presentation, and conclusions. The researcher aims to find out how we know the development of the hizib hirzul jausyan tradition which has developed from being certified to students until now making it a routine for students. In the motive of the implementation of the hiziban tradition, students are emphasized to take part in the reading of hizib hirzul jausyan with the aim that the students are motivated so that they can takarrub ilallah, in this case the students have been taught to always remember Allah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Mujib, Siti Maria Wardayati, dan Muhammad Miqdad. “Model Pengendalian Internal Pesantren.” Available at http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21 ,2021, 306-320 Jurnal Akuntansi dan Pajak, 2021.

Abdullah, Abdul Rahman. “Sejarah dan Tamadun Asia Tenggara: Sebelum dan Sesudah Pengaruh Islam, Kuala Lumpur” 14, no. 2.6 (2021): 28–30.

Abdullah, Muhammad. “‘Fungsi Wirid Dan Hizib Dalam Sastra Lisan Pesantren (Studi Kasus Wirid Asma’ul Husna Dan Hizib Lathif Di Brangsong Kendal),’” Semarang 2011, 39.

———. “Fungsi Wirid Dan Hizib Dalam Sastra Lisan Pesantren (Studi Kasus Wirid Asma’ul Husna dan Hizib Lathif di Brangsong Kendal),” t.t., 38.

Ahmad, Muqorrobin. “Tradisi Yang Menerapkan Sebuah Ritwal Pembacaan Wirid Hizib Bahar di Pondok Pesantren Irsyadul ‘Ibad Pemayung, Batanghari Jambi (Kajian Study Living Qur’an),” 2021, 35.

Al-Quranul Karim Khat Rasmul Utsmani, T.T.

Amaliah NU dan Dalilnya dalam sambutan Said Aqil Siradj, t.t.

Arpan. “Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, Tradisi Hiziban Jamaah Nahdlatul Wathan, Sedangkan mantra merupakan bagian dari puisi lama.” 05, no. 2 (Desember 2020): 59.

Dimyati, Mochammad. “Penelitian Kualitatif: Paradigma Epistemologi, Pendekatan, Metode dan Terapan.” PPS Universitas Negeri Malang, 2000, 70.

“Efek Dari Hizib Hirjul Jausyan Hizib Malaikat,” 1 April 2016.

Gusmian, Islah. , “Santri dan Pemaknaan Kitab Suci: Studi Interpretatif Simbolik terhadap al-Qur`an di Pesantren Yogyakarta”, dalam Dialektika Teks Suci Agama, Strukturasi Makna agama dalam Kehidupan Masyarakat,. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008), 2008.

Hasanah, Ulfatun. “Al-I‟lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam; Keris Sebagai Jimat Dengan Pendekatan Ilmu Kalam” 2, no. 1 (September 2018): 62.

Mahmudah, Siti. “‘Makna Ritual Istighosah Yamisda Bagi Masyarakat Islam (Studi Kasus di Makam Syekh Ihsan bin Muhammad Dahlan Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri),’” t.t., 136.

marzuki. “tradisi budaya masyarakat jawa dalam perspektif islam.,” t.t., 6.

Marzuki,. “Tradisi Dan Budaya Masyarakat Jawa Dalam Perspektif Islam,” t.t.

Masykur, Zein Muchamad. “Makna Mantra Santet Dalam Buku The Secret Of Santet Analisis Perspektif Filsafat Bahasa Language Games Ludwig Wittgeinstein,” 2020. (Fakultas Ushuluddin Adab Dan Humaniora Institut Agama Islam Negeri Salatiga).

Meerangani, Khairul Azhar. “Sumbangan Madrasah Pulau Besar Terhadap Perkembangan Islam Di Melaka” 01 (2020): 84.

Melvin Zaenul Asyiqien. Sejarah Tradisi Hizib hirzul jausyan di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah putri 1, 25 Juli 2021.

Muhammad Ahsanudin, Afif. “Studi Terhadap Ayat-Ayat al-Qur’an Yang Di Jadikan Jimat Pelindung Rumah Di Desa Kalinongko Kecamatam Loano Kabupaten Purworejo,” 25 Agustus 2020, 4.

Muhammad Sirojuddin. Hizib Hirzul Jausyan yang ada di PP MHM, 8 Agustus 2021.

Muqorrobin, Ahmad. Tradisi Yang Menerapkan Sebuah Ritwal Pembacaan Wirid Hizib Bahar di Pondok Pesantren Irsyadul ‘Ibad Pemayung, Batanghari Jambi (Kajian Study Living Qur’an 22 maret 2021), 2021.

Noormaidah. “Kajian Jenis, Fungsi, Dan Makna Mantra Bakumpai (Types, Functions, And Meaning Analysis Of Bakumpai Mantras),” t.t., 96.

Nur, Mahmudah. “Agama dan Magi dalam Kepemimpinan Ulama Banten: Telaah terhadap Naskah Catatan Harian Abuya Muqri (1860-1959).” 2019 17, no. 02 (2019): 383–408.

Nur Wahiddah. Sejarah Tradisi Hizib hirzul jausyan di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah putri 1, 20 September 2021.

“Posts tagged ‘Manfaat Hizib hirzul jausyan Lirboyo’ Manfaat Hizib hirzul jausyan Lirboyo Asma Jausan Kabir (1001 Asma Ulhusna),” t.t. Diakses 25 Maret 2016.

Reza Ahmad Zahid. Sejarah Tradisi Hizib hirzul jausyan di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah putri 1, 23 Juli 2021.

pphm-arjuna.org. “sejarah-hizb-hirzul-jausyan-kh-mahr Pustaka M2HM.” Ensiklopedia Islam Aswaja, t.t. Diakses 17 Juli 2021.

Semiawan, Conny R. Metode Penelitian Kualitatif-Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Cikarang: Grasindo, 2010.

Sugiyono. Metode Kualitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabetis, 2008.

Sutrisno, Aan. “Analisis Struktur Dan Makna Mantra Penjaga Diri Pada Masyarakat Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Untan Pontianak,” t.t., 1.

Ziad, Rohman. “Studi Living Sufism Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan M.” 02 November 2018 01, no. 02 (t.t.): 232.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Kadi, K., & Fitrin, K. . (2022). Tradisi Hizib Hirzul Jausyan di Pondok Pesantren; Sejarah dan Motif Pelaksanaannya. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(2), 129–144. https://doi.org/10.30762/realita.v20i2.132