Implimentasi Parenting Style dalam Pendidikan Karakter berbasis Etnopedagogi Budaya Gayo
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v21i1.168Keywords:
Budaya Gayo, Etnopedagogi, Pendidikan Karakter, Parenting StyleAbstract
Penelitian ini merupakan literature review terkait dengan implementasi parenting style dalam pendidika karakter berbasis etnopedagogi budaya Gayo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) serta menggunakan pendekatan etnopedagogi. Hasil literature review ini; nilai-nilai adat Gayo merupakan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam dan tidak bertentangan dengan itu. Hal ini disebabkan oleh dasar kepercayaan masyarakat Gayo yang berlandaskan agama Islam dan nilai ini mendasari pola asuh orang tua Gayo serta usaha dalam membentuk karakter anak yang mencerminkan nilai budaya Gayo itu sendiri.
Downloads
References
Adlani, N. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Gayo di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Aceh Tengah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.698
Al-Bukhari, A. A. M. B. I. (n.d.). Shahih al-Bukhari (Jilid I). Damasykus: Dar Ibn Katsir.
Al-Khatib, A. J. (2005). Parenting styles used with preschool children in Jordan. Michigan State University.
Anisah, A. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84. https://doi.org/10.52434/JP.V5I1.43
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting style dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak di Paud Islamic School. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 4(2), 148-163.
Asdiana, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Berkekeberen Pada Masyarakat Gayo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
C. Snouck Hurgronje. (1996). Gayo, Masyarakat dan Kebudayaan awal abad ke 20. (Hatta Hasan Aman Asnah, Trans.). Jakarta: Balai Pustaka.
Chang, M. (2007). Cultural differences in parenting styles and their effects on teens’ self-esteem, perceived parental relationship satisfaction, and self-satisfaction [Thesis, Carnegie Mellon University]. https://doi.org/10.1184/R1/6684062.v1
Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Diastuti, I. M. (2021). Hubungan antara Pola Asuh Keluarga dan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8447–8452.
Evanirosa, E., & Ali, R. (2022). Iserahan Ku Guru: Actualization of Value Education in Gayo Ethnic Society. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3700
Fanani, M. Z., Hasanah, U., Arieska, Y. V. S., Shoimah, D. N., Yuniarti, R., & Octania, R. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i1.126
Fikri, M. (2021). Pendidikan Anak Dalam Masyarakat Gayo: Filosofi, Tradisi Dan Perkembangannya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Fitri, E. (2023). kenakalan remaja jadi penyebab tren buang bayi di aceh. Diambil 10 April 2023, dari https://www.bithe.co/news/kenakalan-remaja-jadi-penyebab-tren-buang-bayi-di-aceh/index.html
Hasanah, U. (n.d.). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak.
Huver, R. M., Otten, R., De Vries, H., & Engels, R. C. (2010). Personality and parenting style in parents of adolescents. Journal of Adolescence, 33(3), 395-402.
Ibrahim, M. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Adat Gayo. (A. Juhra, Ed.). Banda Aceh: Al-Mumtaz Institute.
Iswanto, S., Nurasiah, N., & Putri, H. (2020). Sulam Kerawang Gayo: Budaya Lokal, Bernilai Karakter dan Sebagai Identitas Bangsa. Diakronika, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/154
Irfan, A., & Yacoeb, M. (2020). Etnopedagogy Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pendidikan Berbasis Madrasah. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.30601/DEDIKASI.V4I1.396
Junus Melala Toa. (1998). Sistem Budaya Indonesia. Jakarta: UI Press.
Khasanah, S., Zumruda, A., & Najib, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Self-Control Remaja Punk: Studi Kasus Komunitas Punk Di Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 18(2). https://doi.org/10.30762/realita.v18i2.2535
Kusdi, S. S. (2019). Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-111.
Maawiyah, A. (2016). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Al Mabhats, 1(1), 108–120.
Mafirja, S., Bulantika, S. Z., & Hanum, A. S. (n.d.). RANGKAIAN PELAKSANAAN “EDET MUNGERJE” BERDASARKAN KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) SUKU GAYO TAKENGON ACEH TENGAH.
Mahyudin, M., & Nurbaiti, N. (n.d.)., 2018. Pola Asuh Anak Perempuan Gayo Dalam Perspektif Gender. HIKMAH, Vol. XIV, No. 1
Masyitoh, I. S. (2011). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogik. Jurnal Civicus, 11(2), 13-25.
Mayarisa, D., & Urrahmah, A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Anak. FITRA, 4(1).
M.J. Melalatoa. (1985). Kamus Bahasa Gayo Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mafirja, S., Zahra Bulantika, S., Salsabila, A., Program, H., Bimbingan, S., Konseling, D., Hanum, A. S. (2018). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Suku Gayo Takengon Aceh Tengah.
Mahyudin, M., & Nurbaiti, N. (2018). Pola Asuh Anak Perempuan Gayo Dalam Perspektif Gender. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 14(1), 40. https://doi.org/10.47466/hikmah.v14i1.102
Mumtazul Fikri, 261422363. (2021). Pendidikan Anak Dalam Masyarakat Gayo: Filosofi, Tradisi Dan Perkembangannya.
Muzakkir. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(2), 28–39.
Nasution, M. K., & Nasution, A. K. P. (2019). SISTEM KEKERABATAN MASYARAKAT GAYO DAN RELEVANSINYA DENGAN AJARAN ISLAM. Jurnal As-Salam, 3(1), 61–75. https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i1.120
Nuraini, F., & Fauzan, F. (2022). Kajian pendekatan etnopedagogi dalam pendidikan melalui kearifan lokal Aceh. Al-Madaris: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 3(2), 31-41.
Putra, P., Setianto, A. Y., & Hafiz, A. (2020). Etnopedagogic Studies in Character Education in the Millinneal Era: Case Study Min 1 Sambas. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 12(2), 237-252.
Putri, A. (2022). Penerapan Pola Asuh Parenting Style dalam Membina Moral Remaja (Studi Kasus Panti Asuhan Tirtonugroho Tirtomoyo). JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(1 Agustus), 13-22.
Rauzatul Jannah, I. (2023). Tradisi Lisan Aceh Dodaidi Dan Media Pembelajaran Nilai-Nilai Islami Terhadap Perkembangan Psikologi Anak Di Aceh, 7(2), 52–61.
R, Ali. 2019. Aktualisasi Akhlak Bagi Remaja Dalam Budaya Gayo Di Kabupaten Aceh Tengah. Thesis: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Sari, N. V. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Keberhasilan Pendidikan Karakter Anak. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 22(1), 101-106.
Subhan, A. B., Riadi, S., & Harahap, V. S. (2022). Peranan Tutur Gayo Sebagai Komunikasi Efektif Dalam Keluarga (Studi di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 6(1), 60-81.
Syukri, S. (2018). Budaya Sumang Dan Implementasinya Terhadap Restorasi Karakter Masyarakat Gayo Di Aceh. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i2.428
Yani. (n.d.). Bahasa Tabu dalam Masyarakat Gayo Di Kabupaten Bener Meriah. from http://jim.usk.ac.id/pbsi/article/view/17266
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mahdi, Sehat Ihsan Shadiqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.