Internalisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Artikel Best Practice

Authors

  • Barotun Mabaroh Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan, Jawa Timur
  • Sugianti Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan, Jawa Timur
  • Ilmiyatur Rosidah Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.310

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Pelatihan, Penulisan, Artikel Best Practice

Abstract

Sebagai dukungan terhadap Gerakan Literasi Nasional (GLN) di lingkungan sekolah, tim pengabdian telah melaksanaan program pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis artikel best practice. Program ini diselenggarakan dengan mitra Kerjasama yaitu SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan. Guru SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan memiliki minat dan atensi yang terbatas terhadap penulisan karya ilmiah. Oleh karena ini, tim pengabdian menginisiasi kegiatan pengabdian mulai dari workshop, pendampingan penulisan karya ilmiah berbentuk artikel best practice, dan pendampingan publikasinya menjadi buku ber-ISBN. Tujuan program ini yaitu adanya peningkatan kemampuan untuk menulis karya ilmiah berbentuk artikel best practice bagi guru di SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan. Luaran pengabdian ini yaitu berupa buku ber-ISBN yang memuat karya ilmiah berbentuk artikel best practice yang ditulis oleh guru di SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan. Selain itu, video kegiatan dan artikel hasil pengabdian pada media massa online menjadi wadah diseminasi hasil pengabdian ini. Program ini harus dilanjutkan agar dapat meningkatkan semangat guru terhadap internalisasi terhadap Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui penulisan ragam karya berikutnya di SMA Bayt Al Hikmah Pasuruan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Baharuddin, B. (2017). Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah | El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 3(1). https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/1283

Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis. Nahason Bastin Publishing.

Buchholz, B. A., DeHart, J., & Moorman, G. (2020). Digital Citizenship During a Global Pandemic: Moving Beyond Digital Literacy. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 64(1), 11–17. https://doi.org/10.1002/jaal.1076

Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682

Fatahillah, F., & Amorie, J. (2022). Penggunaan Buku Ajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kewarganegaraan Siswa SD Kelas Rendah. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 2(2), 111–120. https://doi.org/10.52657/jouese.v2i2.1772

Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1893

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 42–46. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p%p.2044

Kamil, P. A., Putri, E., Ridha, S., Utaya, S., Sumarmi, & Utomo, D. H. (2020). Promoting environmental literacy through a green project: A case study at adiwiyata school in Banda Aceh City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012035

Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from Kemdikbud: Https://Www. Kemdikbud. Go. Id/Main/Blog/2020/03/Se-Mendikbud-Pelaksanaan-Kebijakan-Pendidikan-Dalam-Masa-Darurat-Penyebaran-Covid19. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/03/Peraturan-Dirjen-Nomor-1-Tahun-2021_Fasilitasi-Bidang-Kebudayaan_10-Februari-2021.pdf

Klarer, M. (2023). An Introduction to Literary Studies (4th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003133025

Murdiono, M. (2010). Strategi internalisasi nilai-nilai moral religius dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/239/155

Nasir, A. M., Hidayat, S., & Syamsuriyawati, S. (2022). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 4 Bantimurung. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47650/elips.v3i1.403

Nofriady, J., Yusuf, Y., & Halkis, H. M. (2018). Internalisasi nilai-nilai bela negara dengan pendekatan binter di wilayah Kodim 0618/BS Kota Bandung. Strategi Pertahanan Darat (JSPD). https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/SPD/article/view/344

Nurchaili, N. (2017). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. LIBRIA, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/1211

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.117

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Saetban, A. A. (2020). Internalisasi Nilai Disiplin melalui “Perencanaan” Orang Tua dalam Membentuk Karakter Baik Remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.285

Samhati, S., Fuad, M., & Prayogi, R. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Manajemen Referensi Bagi Guru SMA di Bandar Lampung. Griya Cendikia, 6(2), 390–398. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.241

Sihaloho, F. A. S., Martono, T., & Daerobi, A. (2019). The Implementation of School Literacy Movement at the Senior High School. International Journal of Educational Research Review, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24331/ijere.486907

Wardany, D. K. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Madrasah Profesionalitas Guru Dan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Siswa Pada Guru. Cv.Confident.

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

Mabaroh, B., Sugianti, & Rosidah, I. (2025). Internalisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Artikel Best Practice. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 143–157. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.310

Issue

Section

Articles