Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Mahdil Mawahib Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Dela Nirmalasari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Arvi Noviansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Ayu Cahya Pratiwi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Dennyza syifa Nur Arsa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.322

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran, UMKM

Abstract

Banyaknya usaha UMKM di Indonesia menyebabkan semakin ketatnya persaingan wirausaha dagang. UMKM Bawang Goreng Pandawa menghadapi tantangan dalam memasarkan produknya karena masih menggunakan cara pemasaran tradisional. Pengabdian ini menggunakan metode PAR dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukan bahwa sebelum penerapan digital marketing, UMKM Bawang Merah Goreng PANDAWA mengalami keterbatasan jangkauan pasar dan kesulitan dalam memperluas akses ke konsumen di luar area lokal. Setelah pendampingan dan pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman dan penerapan teknologi pemasaran digital. UMKM berhasil membuat akun di Shopee, mengelola media sosial, dan menerapkan teknik foto produk yang meningkatkan daya tarik visual produk. Digital marketing terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing UMKM Bawang Merah Goreng PANDAWA. Pelatihan yang diberikan membantu meningkatkan keterampilan UMKM dalam menggunakan teknologi digital untuk pemasaran. Meskipun ada beberapa tantangan dalam adopsi teknologi, seperti keterbatasan pemahaman awal dan sumber daya, pendampingan yang tepat mampu meningkatkan efisiensi operasional UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. A. F., & Fathihani, F. (2021). Memanfaatkan Whatsapp Business Sebagai Sarana Penunjang Digital Markating Umkm di Tengah Pandemik Covid-19 Di Kelurahan Tanjung Duren. Andhara, 1(2), Article 2.

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Adinugraha, H. H., Maisaroh, A., & Hidayatullah, R. (2021). Analisis Steategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik (Studi Kasus Buaran Batik Center Pekalongan). Teknik: Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.51903/teknik.v1i2.67

Akbar, R., Winanda, T. Y., Rahmayani, M., Yetti, D., & Yelmi, H. (2022). Analisa Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kabupaten Kampar. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 5(2), 47–54. https://doi.org/10.59061/jsit.v5i2.77

Arifien, S. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3(1), Article 1. https://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/view/112

Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2400

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis dalam Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. EKSYAR: Ekonomi Syari’ah Dan Bisnis Islam (e-Journal), 8(2), 246–270.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing (SSRN Scholarly Paper 3545505). Social Science Research Network. https://papers.ssrn.com/abstract=3545505

Chuang, M.-C., & Ma, Y.-C. (2001). Expressing the expected product images in product design of micro-electronic products. International Journal of Industrial Ergonomics, 27(4), 233–245. https://doi.org/10.1016/S0169-8141(00)00053-6

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.21-26

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168

Fifield, P. (2012). Marketing Strategy (0 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780080511139

Ginting, A. M., Rivani, E., Saragih, J. P., Rasbin, & Permana, S. H. (2019). Peran Industri Keuangan Non Bank terhadap Perekonomian Nasional. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Goldman, S. P., van Herk, H., Verhagen, T., & Weltevreden, J. W. (2021). Strategic orientations and digital marketing tactics in cross-border e-commerce: Comparing developed and emerging markets. International Small Business Journal, 39(4), 350–371. https://doi.org/10.1177/0266242620962658

Jatmiko, B., Udin, U., Raharti, R., Laras, T., & Ardhi, K. F. (2021). Strategies for MSMEs to Achieve Sustainable Competitive Advantage: The SWOT Analysis Method. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 505–515. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0505

Laraskana, T. N., & Suhendra, S. (2024). Optimalisasi Digitalisasi Pemasaran Produk Layang-Layang di Kelurahan 3/4 Ulu, Palembang. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.59025/240b8c71

Lumintang, O., & Edowai, K. (2023). Pengembangan Kompetensi UMKM Kota Jayapura Berkarakter Tecnopreneurship Membuka Segmen Pasar Baru dengan Digital Marketing untuk Memasuki Pasar Global. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 129–137. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.481

Masrianto, A., Hartoyo, H., Hubeis, A. V. S., & Hasanah, N. (2022). Digital Marketing Utilization Index for Evaluating and Improving Company Digital Marketing Capability. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.3390/joitmc8030153

Morgan, N. A., Whitler, K. A., Feng, H., & Chari, S. (2019). Research in marketing strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 47(1), 4–29. https://doi.org/10.1007/s11747-018-0598-1

Peilouw, D., & Sitaniapessy, R. H. (2023). Peran Strategik Keunggulan Omnichannel Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kota Ambon. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30598/manis.7.1.35-44

Prabowo, O. H., Merthayasa, A., & Saebah, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan pada Kegiatan Bisnis di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7), 883–892. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i7.2522

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Rauf, A., Manullang, S. O., P.S, T. E. A., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., Firmansyah, H., Mundzir, A., Manalu, V. G., Depari, G. S., Rahajeng, E., Apriyanti, M. D., Riorini, S. V., & Yahawi, S. H. (2021). Digital Marketing: Konsep dan Strategi. Penerbit Insania.

Respatiningsih, H. (2020). The Impact of E-Commerce on the Marketing Performance of MSMEs During the Covid19 Pandemic Mediated by Competitive Advantage: The 3rd International Conference on Banking, Accounting, Management and Economics (ICOBAME 2020), Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210311.032

Santoso, P. Y. (2018). Transformasi Integrated Marketing Communication Di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32509/pustakom.v1i2.710

Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 107–116. https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602

Setyorini, R., & Rey, R. O. (2017). Analisis Model Bisnis pada Eighteen Nineteen Laundry dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.2

Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Susetyo, J. (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118

Suminah, S., Anantanyu, S., Suwarto, S., Sugihardjo, S., & Padmaningrum, D. (2023). The Influence of Empowerment towards Agricultural Business Actors’ Ability in Surakarta, Indonesia. Social Sciences, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.3390/socsci12020076

Syazwina, A. S., Mansur, M., Fadhilah, K. I., & Septiana, E. (2024). Pendampingan UMKM Masyarakat Tana Toraja terhadap Pemanfaatan Produk Hasil Olahan Khas Toraja menjadi lebih Bernilai Ekonomis. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 15–29. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i1.256

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387

Xia, H., Pan, X., Zhou, Y., & Zhang, Z. (2020). Creating the best first impression: Designing online product photos to increase sales. Decision Support Systems, 131, 113235. https://doi.org/10.1016/j.dss.2019.113235

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Mawahib, M., Nirmalasari, D., Noviansyah, A., Pratiwi, A. C., & Arsa, D. syifa N. (2025). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 175–186. https://doi.org/10.30762/najwa.v2i2.322

Issue

Section

Articles