Corak Perkembangan Lembaga dan Ilmu Pengetahuan Tasawuf dalam Sejarah Kebudayaan Islam Di Nusantara

Authors

  • Imam Farid Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mochamad Iskarim Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.30762/realita.v22i2.170

Keywords:

Lembaga Pendidikan Islam, Ilmu Pengetahuan Tasawuf, Sejarah, Kebudayaan

Abstract

Perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan Islam din Nusantara tidak lepas dari pengaruh kebudayaan dan peradaban yang telah berkembang sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi yang terdiri dari literatur yang berkaitan dengan sejarah peradaban Islam, sejarah kebudayaan Islam, ilmu sosiologi, dan ilmu antropologi. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan corak perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan islam dalam sejarah kebudayaan Islam di Nusantara. Bentuk peradaban dan ilmu pengetahuan Islam di Nusantara sebagai hasil asimilasi dengan budaya yang sudah ada meliputi lembaga pendidikan Islam seperti meunasah, surau, dan pesantren, sedangkan ilmu pengetahuan Islam yang berkembang di Nusantara adalah ilmu tasawuf

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Lazim. (2020). Sistem Pendidikan Islam pada Masa Kejayaan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. 2(2). 75-84. Retrieved from https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i2.130

Ahmad Masrul Anwar. (2015). Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti Umayyah. Jurnal Tarbiya. 1(1). 47-76. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/137

Ahmad Sya’labi. (2003). Sejarah dan Kebudayaan Islam 1. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru.

Ahmad Sya’labi. (2003). Sejarah dan Kebudayaan Islam 2. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru.

Ahmad Sya’labi. (2003). Sejarah dan Kebudayaan Islam 3. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru.

Amin, Samsul Munir. (2012). Ilmu Tasawuf. Jakarta: Amzah.

Aniroh. 2021. Pendidikan Islam Masa Pertengahan (Studi Historis Pendidikan di Kerajaan Usmani, Kerajaan Safawi dan Kerajaan Mughal). At-Thariq: Jurnal Studi Islam dan Budaya. 1(1).17-28. https://doi.org/10.57210/trq.v1i2.79

Arip Septialona. (2016). Perkembangan Islam di Andalusia pada Masa Abdurrahman III (An-Nashir Liddinillah, 912-961 M). Tamaddun.1(1). 47-72. Retrieved from http://dx.doi.org/10.24235/tamaddun.v1i1.935

Badri Yatim. (2013). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Elit Ave Hidayatullah. (2015). Studi Filologi Dunia Islam dan Barat dalam Menyelami Sejarah dan Membangun Peradaban. Jurnal Saintifika Islamica 2(1). 27-42. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/282

Eman Supriatna. (2019). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Soshum Insentif 2(1). 128-135. Retrieved from https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106

Romli, H. Khomsahrial. (2015). Akulturasi dan Asimilasi dalam Konteks Interaksi Antar Etnik. Ijtimaiyya 8(1). 1-13. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/article/viewFile/859/738

Ismail K. Usman. 2018. Pendidikan pada Tiga Kerajaan Besar (Kerajaan Turki Usmani, Safawi di Persia, dan Moghul di India). Jurnal Pendidikan Islam Iqra’. 11(1). Retrieved from http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i1.577

Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Moh. Anis. 2015. Potret Pendidikan Masa Dinasti Umayyah. Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 7(1). 146-156. Retrieved from https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.185

Muhammad Idris Usman. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal AL Hikmah. 14(1). 101-119. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234744775.pdf

Muhammad. (2020). Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti Fatimiyah di Mesir (907-1171 M). Jurnal Ilmiah Kreatif 18(1). 45-56. Retrieved from https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i1.361

Nurul Hidayati, Dkk. (2021). Pengaruh Seni Arsitektur Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam di Andalusia. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah.. 3(1). 73-86. Retrieved from https://doi.org/10.32939/ishlah.v3i1.40

Radinal Mukhtar Harahap. (2019). Pendidikan dan Peradaban dalam Narasi Sejarah Islam Klasik: Korelasi dan Koneksi. Idrak 2(1). 197-206. Retrieved from http://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/14

Rahmida Putri, Dkk. (2021). Peradaban dan Pemikiran Islam pada Masa Turki Utsmani. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan KeIslaman. 7(1). 35-48. Retrieved from https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.3781

Ridhatul Husna, Dkk. (2022). Sejarah Dinamika Surau Sebagai Lembaga Pendidikan di Minangkabau. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam. 5(2). 140-150. Retrieved from https://doi.org/10.15548/mrb.v5i2.24

Sadari. (2020). Asimilasi Spektrum Peradaban Islam dan Keberisalman di India. Misykat. 5(1). 73-100. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2246250

Saidun Derani. (2014). Syekh Siti Jenar: Pemikiran dan Ajarannya. Al-Turas 20(2). 325-348. Retrieved from https://doi.org/10.15408/bat.v20i2.3764

Serli Mahroes. (2015). Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyyah Perspektif Sejarah Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiya. 1(1). 77-108. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/138

Soejono Soekanto. (2004). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suteja. (2016). Tasawuf di Nusantara: Tadarus Tasawuf & Tarekat. Cirebon: Aksarasatu.

Syamsun Ni’am. 2017. Hamzah Fansuri: Pelopor Tasawuf Wujudiyah dan Pengeruhnya Hingga Kini di Nusantara. Episteme. 12(1). 261-286. Retrieved from https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.1.261-286

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Farid, I., & Iskarim, M. (2024). Corak Perkembangan Lembaga dan Ilmu Pengetahuan Tasawuf dalam Sejarah Kebudayaan Islam Di Nusantara. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 22(2), 130–147. https://doi.org/10.30762/realita.v22i2.170