Multikulturalisme Indonesia Perspektif Fazlur Rahman
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v22i1.289Keywords:
Multikulturalisme, Fazlur Rahman, Nilai MoralAbstract
Artikel ini membahas multikulturalisme di Indonesia dari perspektif Fazlur Rahman. Ia menekankan pentingnya memahami konteks historis dan sosial dalam menafsirkan Al-Qur'an dan Sunnah, serta menilai bahwa hadis-hadis harus dipahami dengan pendekatan sosiologis dan historis. Artikel ini juga membahas pemikiran Rahman tentang pluralisme budaya dan agama, serta penafsiran Al-Qur'an dan hadis. Rahman menekankan pentingnya memahami nilai moral yang terkandung dalam budaya Indonesia, dan menyarankan integrasi antara budaya lokal dengan nilai-nilai Islam yang universal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multikulturalisme Indonesia merupakan hasil dari interaksi budaya yang beragam, namun juga memunculkan tantangan dan konflik. Namun, dengan pendekatan Fazlur Rahman, nilai-nilai moral dalam budaya Indonesia dapat diintegrasikan dengan ajaran Islam untuk menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan toleran. Pembahasan artikel ini mengilustrasikan bagaimana konsep multikulturalisme di Indonesia dipahami melalui lensa pemikiran Fazlur Rahman, dengan menekankan integrasi antara budaya lokal dan nilai-nilai Islam untuk menciptakan masyarakat yang beragam namun damai.
Downloads
References
Abdullah, P. D. M. A. (2020). Dinamika Islam Kultural. IRCISOD.
Abdullah, P. D. M. A. (2022). Falsafah Kalam di Era Kontemporer. IRCISOD.
Akbar, A. (2020). Fazlur Rahman’s Influence on Contemporary Islamic Thought. The Muslim World, 110(2), 129–153. https://doi.org/10.1111/muwo.12334
Alif, N., Mafthukhatul, L., & Ahmala, M. (2020). Akulturasi Budaya Jawa Dan Islam Melalui Dakwah Sunan Kalijaga. Al’Adalah, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.35719/aladalah.v23i2.32
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Vol. 214). CV. Jejak.
Azra, A. (2019). Cultural Pluralism In Indonesia: Continuous Reinventing of Indonesian Islam in Local, National and Global Contexts. Asia-Pacific Journal on Religion and Society, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/apjrs.v2i2.6399
Bahri, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme Di Indonesia (Landasan Filosofis Dan Psikologis Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jid.v19i1.4195
Bungin, B. (2007). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer.
Eljambaky, G., & Ade, I. (2024). Evolution of Sunna in Aqiqah Tradition of Kamang Mudiak Community Agam District West Sumatera. Journal of Asian Wisdom and Islamic Behavior, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59371/jawab.v2i2.78
Farida, U. (2015). Studi Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Sunnah Dan Hadis. Addin, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/addin.v7i2.577
Fatih, M. K. (2018). Membumikan Pluralisme Di Indonesia: Manajemen Konflik Dalam Masyarakat Multikultural. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.58518/madinah.v5i1.1265
Geertz, C. (1998). “Popular Art” and the Javanese Tradition. In Recovering the Orient. Routledge.
Geertz, C. (2010). Ritual and Social Change: A Javanese Example. In Ritual. Routledge.
Hanafi, I. (2015). Mengenal Neo-Modernisme Islam; Sebuah Essay Pemikiran Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/jiik.v5i1.4786
Ichwan, M. N., Qodir, Z., Maharsi, Hartono, Sarapung, E., Hasan, N., Epafras, L. C., Suaedy, A., Maula, M. J., Herniti, E., Anwari, M. K., Wijaya, Y., Mahathera, S. P., Subanar, B., Muhammad, H., Syam, N., Nasar, M. F., Masruchah, Suwindia, G., … Abdullah, M. A. (2021). Agama, Kemanusiaan dan Keadaban: 65 Tahun Prof. Dr. KH. Muhammad Machasin, MA. Suka-Press dan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Lubis, A. A.-B. (2023). Government System in Islamic Law in the Perspective of Fazlur Rahman. Mizan: Journal of Islamic Law, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32507/mizan.v7i1.1850
Lukman, F. (2016). Dakwah Islam Multikultural (Metode Dakwah Nabi SAW Kepada Umat Agama Lain). Religia, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.28918/religia.v19i2.661
Ma’arif, M. S. (2016). Epistemologi Fazlur Rahman Dalam Memahami Alquran Dan Hadis. MANTHIQ: Jurnal Filsafat Agama Dan Pemikiran Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/mtq.v1i1.300
Majid, L. A., & Nayan, S. (2021). Ratio-Legal Fazlur Rahman’s Hermeneutics and Its Influence on Sisters-In-Islam. Jurnal Living Hadis, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2021.2648
Muhammad Misbahul Huda. (2020). Konsep Makkiyah Dan Madaniyah Dalam Al-Qur’an (Sebuah Kajian Historis-Sosiologis Perspektif Fazlur Rahman). Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(2), 61–81. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v5i2.459
Munfarida, E. (2015). Metodologi Penafsiran Al-Qurâ€Tman Menurut Fazlur Rahman. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2), 243–257. https://doi.org/10.24090/komunika.v9i2.852
Munif, A. (2018). Potret Masyarakat Multikultural Di Indonesia. Journal Multicultural of Islamic Education, 2(1), Article 1. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ims/article/view/1219
Norfauzan, M. (2021). Genealogi Pendekatan Historis-Sosiologis Fazlur Rahman dalam Memahami Hadis. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i2.130
Nurcahyanti, M., Fitriana, N., Chan, F., & Noviyanti, S. (2023). Pembangunan Karakter Anak Bangsa melalui Konsep Multikulturalisme. TSAQOFAH, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2123
Nurgiantoro, B. (2018). Transformasi Unsur Pewayangan Dalam Fiksi Indonesia. UGM PRESS.
Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang Dan Pengembangan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1314
Pesurnay, A. J. (2018). Local Wisdom in a New Paradigm: Applying System Theory to the Study of Local Culture in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175, 012037. https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012037
Pujianti, E. (2021). Pengaruh Pemikiran Para Intelektual Muslim Modern: Fazlur Rahman. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), Article 01.
Rahman, F. (2018). Tema-Tema Pokok Al-Quran. Al Mizan.
RAHMAN, F. (2020). Islam Sejarah Pemikiran dan Peradaban. Al Mizan.
Rantio, G., & Rahman, S. (2022). Multikulturalisme Pendidikan Agama Islam. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3246
Rohimah, R. B., Hufad, A., Leksono, S. M., & Muslim, A. (2023). Karakter Keagamaan Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 9(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/19963
Rulam, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Ar-Ruzz Media.
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76
Salleh, N. M., Usman, A. H., Wazir, R., Shamsu, L. S. H., & Burhanuddin, N. A. (2020). Living Sunnah Menurut Fazlur Rahman: Satu Sorotan Literatur Secara Sistematik: Living Sunnah According to Fazlur Rahman: A Systematic Literature Review. AL-BURHĀN: JOURNAL OF QURʾĀN AND SUNNAH STUDIES, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31436/alburhn.v4i1.168
Sumartias, S., Unde, A. A., Wibisana, I. P., & Nugraha, A. R. (2020). The Importance of Local Wisdom in Building National Character in the Industrial Age 4.0. Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019). Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019), Solo Baru, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.159
Suryadi, A. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman. CV Jejak (Jejak Publisher).
Suswandari, S. (2017). Local History of Jakarta and MulticulturalAttitude (Historical Local Study of Betawi Ethnic). Journal of Education, Teaching and Learning, 2(1), 34–41.
Thahir, A. (2023). The Need for a Comprehensive Approach: Integrating Multiculturalism and National Identity in Indonesian Education. British Journal of Philosophy, Sociology and History, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32996/pjpsh.2023.3.1.3
Tohet, M. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman). EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/edureligia.v3i1.726
Ulfa, M., & Syamil, A. H. (2023). The Concept of Morality According to Fazlur Rahman. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v7i1.9602
Umair, M., & Said, H. A. (2023). Fazlur Rahman dan Teori Double Movement: Definisi dan Aplikasi. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v2i1.26
Vindalia, J. I., Siregar, I., & Ramli, S. (2022). Dakwah Sunan Kalijaga Dalam Peyebaran Agama Islam Di Jawa Tahun 1470 €“ 1580. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.18085
Wijaya, N. R. Y., & Rudi, A. (2021). Perihal Pewahyuan kepada Para Nabi dan Para Rasul Menurut Fazlur Rahman. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.52185/kariman.v9i1.166
Yusuf, M., Nahdhiyah, N., & Sadat, A. (2021). Fazlur Rahman’s Double Movement and It’s Contribution to the Development of Religious Moderation. IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities), 4(1), 51. https://doi.org/10.26555/ijish.v4i1.2667
Zakiyah, Z., Saputra, E., & Alhafiza, R. G. (2020). Rekonstruksi Pemahaman Hadis dan Sunnah Menurut Fazlur Rahman. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i1.1294
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Al Farobi, Ulya Zahrotul Firdaus
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.