Studi Kebijakan dan Implementasi Integrasi Agama dan Sains pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v22i1.415Keywords:
Integrasi Ilmu; Kebijakan Pendidikan Islam; Perguruan Tinggi IslamAbstract
Penelitian ini membahas kebijakan dan implementasi integrasi ilmu agama dan ilmu umum di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sebagai langkah untuk mengatasi dikotomi ilmu pengetahuan yang sering kali memisahkan ranah spiritual dan intelektual dalam pendidikan tinggi Islam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji kebijakan resmi universitas, struktur kurikulum, serta praktik pengajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UIN Ar-Raniry memiliki kebijakan yang secara eksplisit menekankan pentingnya penggabungan nilai-nilai Islam dengan keilmuan modern, yang tercermin dalam visi dan misi institusi, serta didukung oleh kurikulum interdisipliner pada berbagai program studi. Implementasi integrasi ini diwujudkan melalui mata kuliah yang mengombinasikan perspektif Islam dan ilmu umum. Kebijakan ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam membentuk lulusan yang memiliki pemahaman holistik dan mampu menghadapi tantangan kontemporer dengan landasan nilai-nilai Islam
Downloads
References
Abdullah, M. Amin. 2015. “Religion, Science, and Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 52 (1): 175. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.521.175-203.
Armedi, Rama, Satria Sodikin, and A Nurul Kawakip. 2024. “Tradisi Ilmiah Dan Pendidikan Islam: Integrasi Ilmu Pengetahuan Dengan Nilai-Nilai Spiritual.” Jurnal Kependidikan Islam 14 (2): 197–206. https://doi.org/10.15642/jkpi.2024.14.2.197-206.
Bagir, Zainal Abidin. 2005. “Integrasi Ilmu Dan Agama: Interpretasi Dan Aksi,.” Bandung: Mizan Pustaka, 6 (1).
Iswati, Iswati. 2017. “Upaya Islamisasi Ilmu Pengetahuan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 1 (01). https://doi.org/10.24127/att.v1i01.341.
Lestari, Sri Hariyati. 2020. “Islamization of Knowledge of Ismail Raji Al-Faruqi in Typologies of Science and Religion.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 3 (2): 128–40. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.1998.
Muslimin, and Suharmanto. 2024. Pemikiran Pendidikan Islam Dan Integrasi Ilmu. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Nugraha, Muhamad Tisna. 2020. “Integrasi Ilmu Dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum Di Perguruan Tinggi.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 17 (1): 29–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).3927.
Nugroho, Dito, Dedi Sahputra Napitupulu, Khaerul, M. Ali Hafid R, and Fadloli. 2023. Esensi Ilmu Pendidikan Islam: Paradigma, Tradisi Dan Inovasi. Edited by Nada Oktavia. Pustaka Peradaban.
Safriadi, S. 2021. “Strategi Pengembangan Dosen di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.” UIN Raden Intan Lampung.
Sari, Maimun. 2022. “Implementasi Kurikulum Terintegrasi Pada Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sains Islami Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Sufratman, Sufratman. 2022. “Integrasi Agama Dan Sains Modern Di Universitas Islam Negeri (Studi Analisis Pemikiran M. Amin Abdullah).” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies. 5(1): 209–228. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i1.211.
Tajuddin, Tabrani, and Neny Muthiatul Awwaliyah. 2021. “Paradigma Integrasi-Interkoneksi Islamisasi Ilmu Dalam Pandangan Amin Abdullah.” Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1 (2): 56–61. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.11.
Wulandari, Tati. 2023. “Transintegration of Science: Bridging Knowledge Boundaries in Realizing Knowledge Harmony.” Journal of Applied Transintegration Paradigm 3 (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mesi Rawanita, Silahuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.