Tinjauan Teoritis Integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v23i1.483Keywords:
Integrasi Agama dan Sains, Epistemologi, PendidikanAbstract
Integrasi antara agama dan sains dalam pendidikan merupakan respons terhadap fragmentasi epistemologis yang terjadi dalam sistem pendidikan modern. Pendidikan yang terlalu berfokus pada aspek kognitif dan sains-positivistik cenderung mengabaikan dimensi spiritual dan etika, sehingga melahirkan krisis moral, kekeringan makna, dan dehumanisasi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual pendekatan integratif antara agama dan sains dalam pendidikan, baik dari segi landasan filosofis, kerangka epistemologis, strategi implementasi, maupun tantangan dan prospek ke depan. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif-deskriptif berbasis kajian pustaka, dengan pendekatan analisis isi dan interpretasi filosofis terhadap literatur klasik dan kontemporer. Artikel ini menemukan bahwa integrasi agama dan sains memiliki basis yang kuat dalam epistemologi tauhidik, dan dapat diterapkan melalui pengembangan kurikulum berbasis nilai, metode pembelajaran transdisipliner, dan pemanfaatan teknologi digital bernuansa spiritual. Meskipun menghadapi tantangan seperti resistensi ideologis dan keterbatasan pedagogis, integrasi ini memiliki potensi besar untuk membentuk sistem pendidikan yang lebih holistik, inklusif, dan transformatif.
Downloads
References
Abdullah, M. A. (2015). Religion, Science, and Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 52(1), 175. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.521.175-203
Abdullah, M. A., Nasution, K., Asegaf, A. R., Machali, I., Asifudin, A. J., Widodo, S. A., Musthofa, T., Maragustam, Ghafur, W. A., & Nurjanah. (2019). Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. In Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga.
Agung, B., Sinaga, H., Fadilla, A. N., Hidayati, N., Lumbangaol, D. E., Isma Sawitri, W., Hamdani, R. R., Murliana, R. W., Gracela, L. E., Hasanah, S. A., Suciyati, P. H., Khoiriyah, F., & Afrilianti, A. (2024). Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi. In Lakeisha.
Ahmad Nugraha, A. M. (2021). Pendidikan Humanis (Studi Komparasi Pemikiran Paulo Freire dan Abdurrahman Mas’ud). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Al-Attas, S. M. N. (1980). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).
Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. International Institute of Islamic Thought an Civilization (ISTAC).
Anas, M. (2017). Kritik Hossein Nasr Atas Problem Sains Dan Modernitas. Kalam, 6(1), 21. https://doi.org/10.24042/klm.v6i1.391
Ariyanto Andy, Sutama, M. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Penguatan Karatkter Kemndirian. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101–116.
Baskoro, A. (2025). Environmental Education : Awareness , Urgency and Solutions Through the Bridge of Environmental Fiqh and Green Constitution. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 1(1), 1207–1221.
Fadil, C., Wahyudi, M., Cahaya, & Damanik, M. Z. (2024). Membangun Generasi Unggul dan Berakhlak Mulia Melalui Pendidikan Islam. Mutiara Intelektual Indonesia Press.
Fathan, R., & Muzakki, S. (2024). Pendekatan Inquiry Learning dalam Perspektif QS . Al-Mulk Ayat 10 : Analisis Kajian Tafsir Tarbawi. 5(3), 706–724.
Ferdman, B. M. (2017). Paradoxes of Inclusion: Understanding and Managing the Tensions of Diversity and Multiculturalism. The Journal of Applied Behavioral Science, 53(2), 235–263. https://doi.org/10.1177/0021886317702608
Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. In The Community Performance Reader. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003060635-5
Goshu, B. S., & Ridwan, M. (2020). Bridging Religion , Science , and Spirituality : A Holistic Approach to Peace and Understanding. Britain International OfHumanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 6(3), 196–216. https://doi.org/10.33258/biohs.v6i3.1189
Hajita, M. (2024). Paradigma Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265–289. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6614
Hanley, P., Bennett, J., & Ratcliffe, M. (2014). The Inter-relationship of Science and Religion: A Typology of Engagement. International Journal of Science Education, 36(7), 1210–1229. https://doi.org/10.1080/09500693.2013.853897
Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(02), 251–269. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i02.268
Ihsan, F. A., Lestari, A. D., Ratih, I. S., Fitri, F., & Korespondensi, E. P. (2025). Kelemahan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Indonesia: Penyebab dan Solusi. 02, 262–274.
Ikhwan, M., Fuadi, M., Mailizar, M., & Jannah, M. (2023). The Utilization of Information Technology for the Professional Development of Islamic Education Teachers in Indonesia. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(02). https://doi.org/10.22219/progresiva.v12i02.31169
Lewis, C. I., & Dewey, J. (1930). The Quest for Certainty: A Study of the Relation of Knowledge and Action. The Journal of Philosophy, 27(1), 14. https://doi.org/10.2307/2014669
Mehdi K. Nakosteen, & Joseph S. Szyliowicz. (2018). Aims and Purposes of Muslim Education. In Encyclopaedia Britannica.
Mua’allim, A. (2008). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Unisia, 31(67). https://doi.org/10.20885/unisia.vol31.iss67.art10
Muqowim, M., & Lessy, Z. (2021). Revisiting Islamic Studies: Cementing Bases for Integrating Science and Religion in Islamic Higher Educational Institutions. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-01
Nasr, S. H. (1987). Traditional Islam in the Modern World. Kegan Paul International.
Niyozov, S., & Memon, N. (2011). Islamic Education and Islamization: Evolution of Themes, Continuities and New Directions. Journal of Muslim Minority Affairs, 31(1), 5–30. https://doi.org/10.1080/13602004.2011.556886
Pebriani, A. R., Diniyati, A. I., Faudya, M., Aufa, N., & Mardiant, A. (2025). Enhancing Accounting Education Through the Kurikulum Merdeka: Opportunities and Challenges. Curricula, 4(1), 83–98. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/curricula.v4i1.77088
Qomar, M. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. In Erlangga.
Rawanita, M., & Silahuddin. (2024). Studi Kebijakan dan Implementasi Integrasi Agama dan Sains pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. 22(01), 44–60. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v22i1.415
Rawanita, M., & Syabuddin, S. (2024). Scientific Interpretation and Its Significance in the Development of Science. ISTIFHAM: Journal Of Islamic Studies, 02(December), 227–237. https://doi.org/10.71039/istifham.v2i3.70
Salsa Nurhabibah, Herlini Puspika Sari, & Siti Fatimah. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Strategi dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 194–206. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099
Subbiondo, J. L. (2006). Integrating Religion and Spirituality in Higher Education: Meeting the Global Challenges of the 21 st Century. Religion & Education, 33(2), 20–38. https://doi.org/10.1080/15507394.2006.10012374
Widodo, H., & Jasmadi, H. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pengembangan Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(3), 45-55.
Zamrony, Z. (2017). Arah Baru Pendidikan Islam: Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Monokhotomik. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(2). https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.151
Zarkasyi, H. F. (2019). Appraising the Moderation Indonesian Muslims with Special Reference to Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama. Addin, 12(1), 1. https://doi.org/10.21043/addin.v12i1.4179
Zubaidi, S., & Muslih, M. (2018). Kritik Epistemologi dan Model Pembacaan Kontemporer. In Lesfi. LESFI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rika Widia Sari, Legia Syahsiami, Ahmad Subagyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.