Mengukur Efektivitas Implementasi Media Digital Kolaborasi LMS Portal Sekolah dengan WhatsApp terhadap Pembelajaran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v23i1.508Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran, Siswa, WhatsApp, LMS Portal Sekolah, Learning Management SystemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh kolaborasi antara Portal Sekolah dan media WhatsApp terhadap keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan dari 54 responden menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis ini menunjukkan bahwa variabel kolaborasi antara LMS Portal Sekolah dan WhatsApp berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi platform digital dalam pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi siswa, terutama dalam konteks tugas dan diskusi kelompok. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi fitur-fitur kolaboratif dalam Portal Sekolah serta pemanfaatan WhatsApp sebagai media pendukung pembelajaran. Dengan demikian, kolaborasi antara dua platform digital tersebut dapat menjadi strategi efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang aktif, interaktif, dan bermakna bagi siswa di era pembelajaran modern.
Downloads
References
Hamadi, M., El-Den, J., Azam, S., & Sriratanaviriyakul, N. (2022). Integrating social media as cooperative learning tool in higher education classrooms: An empirical study. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 34(6), 3722–3731. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2020.12.007
Lovita, L., Dzakiyah, U., Angelika, R., & Natasya, Y. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL MELALUI APLIKASI DIGITAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSUASIF TERHADAP PENERAPAN ETIKA BERKOMUNIKASI PADA MAHASISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 181–192. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.653
Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.38706
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, Muh. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890
Taufik hidayat, Harry Soepandi, Muhammad Fabian Arrizqi, & Zumatul Firda Salsa Bella. (2023). Alternatif Pembelajaran dengan Learning Manajemen Sistem (LMS) menggunakan Moodle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 128–134. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1719
Tina Suryani Siregar, Anike Renti Anita Sinaga, Apri Ananta Sitio, Icha Netanya Sianturi, & Rajo Hasim Lubis. (2024). Model Pembelajaran Kolaboratif : Tinjauan Literatur. Pentagon : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 207–219. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.326
Uyanık, G. K., & Güler, N. (2013). A Study on Multiple Linear Regression Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 234–240. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.027
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widia Setyaningrum, Alfi Oktafian Sulistiyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.