Mengukur Efektivitas Implementasi Media Digital Kolaborasi LMS Portal Sekolah dengan WhatsApp terhadap Pembelajaran Siswa

Authors

  • Widia Setyaningrum Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alfi Oktafian Sulistiyaningrum Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/realita.v23i1.508

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran, Siswa, WhatsApp, LMS Portal Sekolah, Learning Management System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh kolaborasi antara Portal Sekolah dan media WhatsApp terhadap keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan dari 54 responden menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis ini menunjukkan bahwa variabel kolaborasi antara LMS Portal Sekolah dan WhatsApp berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi platform digital dalam pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi siswa, terutama dalam konteks tugas dan diskusi kelompok. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi fitur-fitur kolaboratif dalam Portal Sekolah serta pemanfaatan WhatsApp sebagai media pendukung pembelajaran. Dengan demikian, kolaborasi antara dua platform digital tersebut dapat menjadi strategi efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang aktif, interaktif, dan bermakna bagi siswa di era pembelajaran modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamadi, M., El-Den, J., Azam, S., & Sriratanaviriyakul, N. (2022). Integrating social media as cooperative learning tool in higher education classrooms: An empirical study. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 34(6), 3722–3731. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2020.12.007

Lovita, L., Dzakiyah, U., Angelika, R., & Natasya, Y. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL MELALUI APLIKASI DIGITAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSUASIF TERHADAP PENERAPAN ETIKA BERKOMUNIKASI PADA MAHASISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 181–192. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.653

Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.38706

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, Muh. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890

Taufik hidayat, Harry Soepandi, Muhammad Fabian Arrizqi, & Zumatul Firda Salsa Bella. (2023). Alternatif Pembelajaran dengan Learning Manajemen Sistem (LMS) menggunakan Moodle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 128–134. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1719

Tina Suryani Siregar, Anike Renti Anita Sinaga, Apri Ananta Sitio, Icha Netanya Sianturi, & Rajo Hasim Lubis. (2024). Model Pembelajaran Kolaboratif : Tinjauan Literatur. Pentagon : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 207–219. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.326

Uyanık, G. K., & Güler, N. (2013). A Study on Multiple Linear Regression Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 234–240. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.027

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Setyaningrum, W., & Sulistiyaningrum, A. O. (2025). Mengukur Efektivitas Implementasi Media Digital Kolaborasi LMS Portal Sekolah dengan WhatsApp terhadap Pembelajaran Siswa. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 23(1), 161–174. https://doi.org/10.30762/realita.v23i1.508