Peran Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence dan Persepsi Siswa Madrasah Aliyah pada Pelajaran SKI
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v23i1.528Keywords:
Artificial Intelligence, Media Pembelajaran, Persepsi, SKIAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada mata pelajaran SKI untuk menawarkan potensi dan peluang yang dapat diadopsi dalam gaya belajar yang beragam, meningkatkan efisiensi pembelajaran, serta memberikan solusi atas permasalahan Pendidikan. MA Al-Irtiqo’ Malang merupakan salah satu madrasah Aliyah unggulan yang modern yang melaksanakan sistem pembelajaran modern berbasis teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggambarkan fenomena sosial secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis AI pada mata pelajaran SKI yang digunakan oleh guru menggunakan aplikasi Capcut, Lumen5, dan Edpuzzle untuk menghasilkan video dan animasi sejarah yang menarik. Penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran SKI terbukti berperan dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan persepsi siswa setelah ketertarikannya pada materi pelajaran SKI yang didesain guru dengan memanfaatkan teknologi AI. kesimpulannya penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Irtiqo’ Malang menunjukkan temuan yang baru yang signifikan dalam pembelajaran SKI, interaktivitas dan visualisasi telah menarik dan terbentuk dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa.
Downloads
References
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Akram, H., Abdelrady, A. H., Al-Adwan, A. S., & Ramzan, M. (2022). Teachers’ Perceptions of Technology Integration in Teaching-Learning Practices: A Systematic Review. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.920317
Aktay, S. (2022). The usability of Images Generated by Artificial Intelligence (AI) in Education. International Technology and Education Journal, 6(2), Article 2.
Alamin, Z. (2023). Peningkatan Pendidikan Islam Melalui Pemanfaatan Platform Edukasi Berbasis Kecerdasan Buatan. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1353
Aldani, T. S., & Tanjung, A. (2025). Analisis Peran Field Trip dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pembelajaran di Bidang Sejarah Islam. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.863
Alifia. (2024). Pentingnya Pendidikan SKI Dalam Shaping Karakter Siswa di Era Modern. AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, 67–79. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i1.2422
Alqahtani, T., Badreldin, H. A., Alrashed, M., Alshaya, A. I., Alghamdi, S. S., bin Saleh, K., Alowais, S. A., Alshaya, O. A., Rahman, I., Al Yami, M. S., & Albekairy, A. M. (2023). The emergent role of artificial intelligence, natural learning processing, and large language models in higher education and research. Research in Social and Administrative Pharmacy, 19(8), 1236–1242. https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2023.05.016
Ansori, M. R., & Alfin, A. R. (2024). Strategi Maksimalisasi Metode Pembelajaran SKI Di Madrasah Ibtidaiyah. Alfath, 1(1), Article 1. https://journal.stitnuokutimur.ac.id/index.php/alfath/article/view/7
Anwar, S., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 355–373. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.913
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129
Bariah, H., Kirom, A., Saifullah, S., & Hadi, M. N. (2023). Efektivitas Video Animasi Sebagai Media Guru pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Purwosari. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.258
Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan AI Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Bucea-Manea-Țoniş, R., Kuleto, V., Gudei, S. C. D., Lianu, C., Lianu, C., Ilić, M. P., & Păun, D. (2022). Artificial Intelligence Potential in Higher Education Institutions Enhanced Learning Environment in Romania and Serbia. Sustainability, 14(10), 5842. https://doi.org/10.3390/su14105842
Cesare, D. M. D., Kaczorowski, T., & Hashey, A. (2021). A Piece of the (Ed)Puzzle: Using the Edpuzzle Interactive Video Platform to Facilitate Explicit Instruction. Journal of Special Education Technology, 36(2), 77–83. https://doi.org/10.1177/0162643421994266
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Fauzian, R. (2022). Metaverse Dan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah; Tantangan Dan Peluang. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), Article 1.
Firdaus, M. I. (2024, January 5). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran SKI di MAN Insan Cendekia Paser. Tarbiyah dan Keguruan. https://idr.uin-antasari.ac.id/25827/
Hasan, M., Hemawati, H., & Sirait, R. (2024). Efektifitas Metode Ceramah Bervariasi Dalam Pembelajaran Alquran Hadist di MTs Al Washliyah 47 Binjai. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v7i1.3654
Hasibuan, M. F. (2021). Analisis kompetensi guru madrasah ibtidaiyah dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran (Studi kasus pada MIN 4 Langkat). Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 4(2), 44–53.
Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555
Hidayat, D. F. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300
Ilmi, S. K., & Putri, S. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Materi NPWP Menggunakan Media Lumen5. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 4(1), 125–135.
Kartika, I., Fabianza, I., & Sunasa, A. A. (2024). Analisis Pengaruh Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Persepsi Guru terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Islam Terpadu Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5482
Knysh, A. (2024). Islam in Historical Perspective (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003152699
Liam, L., Hui, H., & Carsten, L. (2023). Utilization of ICT in Learning the History of Islamic Culture. Scientechno: Journal of Science and Technology, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55849/scientechno.v2i1.49
Lubis, D. M. R., Manik, E., Mardianto, & Anas, N. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Islamic Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72
Ma’rifatul Hasanah, S., & Sani Supriyanto, A. (2023). Strategi Inovasi Kepala Madrasah dalam Membangun Smart Learning Ecosystem di MA Al Irtiqo’ IIBS Malang. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 135–148. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1478
Melisa, M. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 3(1), 443–462. https://doi.org/10.56436/mijose.v3i1.304
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muflihah, M., & W, D. M. A. P. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Inovasi Pembelajaran SKI Berbasis Smart TV di MTs Irsyadun Nasyi’in. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.802
Nasrodin, N., Muttaqin, A. I., & Dhani, D. A. (2023). Penerapan Video Animasi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Guna Memperdalam Pemahaman Peserta Didik Di Era Digital. INCARE, International Journal of Educational Resources, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.59689/incare.v4i4.864
Ng, D. T. K., Su, J., Leung, J. K. L., & Chu, S. K. W. (2024). Artificial intelligence (AI) literacy education in secondary schools: A review. Interactive Learning Environments, 32(10), 6204–6224. https://doi.org/10.1080/10494820.2023.2255228
Nur Asyifa Ananda & Noorazmah Hidayati. (2024). Menggali Makna dan Pentingnya Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Membangun Karakter Generasi Muda di Era Modern. Akhlak : Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 110–121. https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i1.285
Nuramila Nuramila, Ayu Hidayanti Ali, Puspita Dian Agustin, Dakia N Djou, & Eka Sartika. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Assistant Pictory & Fliki AI (Artificial Intelligence) Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v2i1.308
Nurmidi, M., Sohwan, S., & Muliani, M. (2024). Pembelajaran Berbasis Teknologi Deep Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar SKI Di MI. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.14886204
Ridhoi, M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence Based Platform Sebagai Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru Pesentren. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), Article 12. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i12.2024.27
Ridwanulloh, M. U., & Parawansa, F. C. (2023). Studi Kajian Ilmu Sosial sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Multikultural Siswa Jurusan IPS MAN 2 Kota Kediri. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 283–299. https://doi.org/10.19105/ejpis.v5i2.8514
Ritonga, S. N., Rambe, M., & Siregar, C. (2024). Strategi Bimbingan Guru PAI Dalam Mengatasi Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran SKI Kelas XI Di MA Rohani Ikhwanul Muslimin Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar Kab. Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1.
Selviana, S., Himmawan, D., & Muna, N. (2022). Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72
Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., Prayogi, A., & Laksana, S. D. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence (AI) Dalam Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 232–243.
Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D (Catatan Ke). Yogyakarta. https://scholar.google.com/scholar?cluster=13998996357027442118&hl=en&oi=scholarr
Suroso, A., Hendriarto, P., Mr, G. N. K., Pattiasina, P. J., & Aslan, A. (2021). Challenges and opportunities towards Islamic cultured generation: Socio-cultural analysis. Linguistics and Culture Review, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5n1.1203
Teneo, M., Ndoen, F. A., Madu, A., Neolaka, S. Y., & Sipa, S. N. (2023). Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar dengan metode field trip. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(3), Article 3. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19676
Tredinnick, L. (2017). Artificial intelligence and professional roles. Business Information Review, 34(1), 37–41. https://doi.org/10.1177/0266382117692621
Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery, 62, 231. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051
Ware, E. (n.d.). Edpuzzle. Journal of the Medical Library Association : JMLA, 109(2), 349–350. https://doi.org/10.5195/jmla.2021.1202
Yin, R. K. (2008). Studi kasus: Desain & Metode. Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK); Raja Grafindo Persada. http://library.stik-ptik.ac.id
Zebua, R. S. Y., Khairunnisa, K., Hartatik, H., Pariyadi, P., Wahyuningtyas, D. P., Thantawi, A. M., Sudipa, I. G. I., Prayitno, H., Sumakul, G. C., Sepriano, S., & Kharisma, L. P. I. (2023). FENOMENA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Zhai, X., Chu, X., Chai, C. S., Jong, M. S. Y., Istenic, A., Spector, M., Liu, J.-B., Yuan, J., & Li, Y. (2021). A Review of Artificial Intelligence (AI) in Education from 2010 to 2020. Complexity, 2021(1), 8812542. https://doi.org/10.1155/2021/8812542
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khoirotun Nisa', Zahra Lahitania, Hanum Mir'atul Maslahah, Faridatun Nikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.