Pendampingan Pengembangan Manajemen dan Pengelolaan Madrasah Tsanawiyah “Nurul ’Ula” Jamsaren Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/realita.v20i2.125Keywords:
Pendampingan, Pengembangan, Manajamen, PengelolaanAbstract
Pendampingan Pengembangan Manajemen dan Pengelolaan dengan menggunakan pendekatan metode Participatory Action Research (PAR) melelui beberapa bentuk tahapan diantaranya workshop yang melibatkan seluruh peserta yang terdiri dari unsur Komite, Kepala Madrasah, Pimpinan, Guru dan staf Madrasah, yang bertujuan untuk memberikan bahan materi peserta dalam diskusi kelompok. Selanjutnya penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dengan membagi menjadi 3 kelompok materi diskusi (Focus Group Discussion) dengan tujuan tersusunnya Rencana Kerja Sekolah (RKS) dari hasil Focus Group Discussion, tahap berikutnya perlu dilaksanakan pleno sekaligus sosialisasi RKS tahun 2021- 2025, yang melibatkan seluruh unsur Komite, Kepala Madrasah, Pimpinan, Guru dan staf Madrasah. tersusunnya Rencana Kerja Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ula Jamsaren Kediri, Kepala Madrasah dan semua stakeholder sebaiknya dalam melaksanakan program empat tahun kedepan, disamping itu juga memperhatikan beberapa aspek point penting rekomendasi tentang Kedisiplinan Warga Madrasah, Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan, Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Penggunaan Materi Pembelajaran, dan Perencanaan Pembiayaan
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Daryanto, kamus indonesia lengkap, (Surabaya: Apollo, 1997)
Handoko, Hani,T.(2003), Manajemen Edisi Kedua,Yogyakarta:BPFE
Bafadal, Ibrahim. 2003. Pengelolaan Perlengkapan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Ismail. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Moleong. Lexy j.. Metodologi Pengabdian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
M. Manulang, dasar‐dasar Manajemen, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1990)
Tabrani, Rusyan, Dkk. 2000. UpayaMeningkatkan Budaya Kinerja Guru. Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta.
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Madrasah; Konsep, Strategi, Dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Atmodiwirio, Soebagio, (2000), Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT. Ardadizya Jaya.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada
Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, (Jakarta: PT. Tema Baru, 1989)
Suharsimi, Managemen Pengejaran Secara Manusiawi, (Jakarta: Rineka Cita 1993)
Suharsimi arikunta, pengelolaan kelas dan siswa, (Jakarta: CV. Rajawali, 1988)
Buchari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Malayu S.P Hasibuan, Manajemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor: 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Fadjar, A.Malik, dkk (2001). Manajemen Pendidikan Dalam Era Globalisasi, dan Otonomi Daerah, Jakarta: Uhamka Press.
Terry, Goerge. 1986. Azas-azas Manajemen.Bandung: Alumni.
Kartono, Katrini. 2008. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Raja Grapindo Perseda.
Depdiknas, (2001). Manajemen Penigkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat SLTP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Achmad Munif, Ropingi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.